Cara Mengatasi Hidung Bayi Yang Tersumbat Karena Pilek dan Mampet

mengatasi hidung bayi yang sumbat mampet
Hasanusimuhammad.com - Apakah anda sudah pernah tau bagaimana cara MENGATASI HIDUNG BAYI TERSUMBAT MAMPET KARENA PILEK? jika belum berikut sharing pengalaman yang baru saja saya alami beberapa waktu yang lalu.

Postingan ini saya dedikasikan untuk siapapun yang sudah menikah dan akan segera memiliki putra/putri pertama.

Beberapa hari yang lalu putri kami yang pertama dan satu-satunya (sejauh ini) Fani Afnan Jannati mengalami pilek yang mengakibatkan hidungnya tersumbat dan susah bernafas. Kejadian yang membuat kami panik tersebut saya ceritakan panjang lebar pada postingan yang berjudul:

Dalam postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara saya dan istri mengatasi hidung bayi kami yang terganggu pernafasannya karena pilek.

TANDAI GEJALA AWAL
Asal muasal pilek yang diderita putri kami berawal saat pernafasannya mulai berbuunyi grook grook (seperti bunyi ngorok) saat ia menghirup dan melepas udara. Bunyi grook grook ini awalnya terdengar ringan hingga hari ke-3 baru si bayi mulai terganggu karena ia semakin sulit bernafas.
Seharusnya sejak awal terdengar suara grook grook kita sudah bisa mengatasinya dengan beberapa hal diantaranya:
  1. v  “menjemur” putra/putri kita dengan matahari pagi sekitar 5 atau 10 menit hal ini penting untuk membuat lendir dihidung dan tenggorakan bayi menjadi cair.
  2. v  Menghindarkan/menjauhkan dari kipas angin. Menurut dokter di tempat kami berobat bayi rawan terkena pilek salah satunya diakibatkan karena debu, dan kipas angin ternyata menjadi salah satu penyebab debu terhirup oleh bayi kita.
  3. v  Hindarkan bayi dari tempat-tempat yang berdebu. Jika didalam kamar anda terdapat banyak sekali barang-barang ada baiknya barang-barang tersebut anda bawa keluar dari kamar karena biasaya debu lengket dibarang-barang tersebut.
  4. v  Jika malam hari usahakan bayi ditidurkan diruangan yang mudah terjadi sirkulasi udara. Saat putri kami Fani mengalami pilek terasa sekali bedanya saat ia tidur didalam kamar dan diruang tamu. Saat ia tidur didalam kamar tarikan nafasnya terasa bera sekali. Kamar kami hanyalah sebuah ruangan yang disekat, tidak ada jendela yang ada hanya beberapa sudut ruangan dipasang kawat nyamuk kondisi ini mengakibatkan kurangnya udara didalam kamar kami.
  5. v  Oleskan belsem khusus anak-anak untuk mengurangi hidung tersumbat. Atau jika anda susah menemukan balsam khusus anak-anak anda juga bisa menggantinya dengan minyak kayu putih. Oleskan di bagian dada agar aromanya pelan-pelan dapat dihirup oleh sibayi.

JAUHKAN DARI ORANG YANG SAKIT

Pilek yang menimpa putri kami saat itu berawal dari saya. Ya, beberapa hari sebelum putri kami terserang pilek terlebih dahulu saya menderita flu, demam dan batuk. Saat saya sakit saya malah masih sering mecium dan berbicara didekat putri kami, padahal dalam kondisi seperti itu sebaiknya saya harus menjauh dari anak-anak dahulu.

JIKA SUDAH PARAH SEGERA BAWA KERUMAH SAKIT
Jika anda mendapati pilek yang diderita anak anda semakin parah maka saya sarankan segera bawa kerumah sakit. Bayi yang hidunganya tersumbat sangat rawan terkena sesak nafas.

DALAM MASA PEMULIHAN JANGAN LUPA BERDO’A
Sebagai Muslim yang baik jangan lupa untuk terus berdo’a kepada Allah agar penyakit yang sedang diderita anak kita lekas sembuh.


LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH