14 Pekerjaan Sampingan Paruh Waktu Untuk Mahasiswa (PART 2)

Hasanusimuhammad.com - Postingan ini merupakan lanjutan postingan sebelumnya yang berjudul PEKERJAAN SAMPINGAN PARUH WAKTU UNTUK MAHASISWA (PART 1) semoga tambah kreatif dan segera dapat kerjaan sampingan.
8. SWALAYAN / SUPER MARKET
Saya punya beberapa kenalan yang bekerja sebagai karyawan di swalayan. Yang saya lihat pekerjaannya terbilang mudah dan tidak terlalu menguras tenaga. Karyawan swalayan biasanya bertugas menjaga kebersihan toko, merapikan barang, melayani pelanggan dan melaporkan stock barang kepada supervisor. Gajinya juga bervariasi mungkin antara Rp. 600.000,- s/d Rp. 1.000.000,- beberapa swalayan yang ada di Banda Aceh menggunakan system shift kepada karyawannya, artinya kamu masih sempat kuliah dan kerja tentunya.
mahasiswa bekerja sampingan paruh waktu
Mengurus barang-barang di swalayan
9. PANGKAS
Kalau yang ini bener-bener butuh skill kelas wahid karena gak semua orang punya ilmu pangkas memangkas. So, kalau kamu ngerti gimana caranya potong rambut buruan dah cari tempat mangkal, tapi sebelumnya beli perlengkapannya dulu ya.
Langganan tempat biasa saya pangkas rambut adalah seorang mahasiswa jurusan penjaskes, dan dari pekerjaan tersebut ia berhasil mendapatkan tidak kurang dari Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) perhari, sebuah angka yang tidak sedikit, bahkan jika sedang rame-ramenya doi bisa menghasilkan sampek Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).
Kalau kamu belum ngarti cara mangkas tapi kamu pengen terjun dibidang ini silakan belajar terliebih dahulu, orang yang saat ini udah jago pangkas awalnya juga gak tau bentuk gunting gimana ^_^
10. JASA KONSULTASI MAKALAH
Kamu jago bikin makalah? Pikiran kamu encer? Mudah dapat ide? Pinter menghubung-hubungkan kalimat? Aha… kamu cocok jadi konsultan makalah. Konsultan makalah ini beda sama makelar makalah ya. Kalau makelar makalah kan konsepnya dia yang nyari bahan, ketik, print pokoknya yang order terima beres. Tapi kalau konsultan makalah tugasnya cuman ngarahin yang lagi bikin makalah biar lebih mudah dalam menyelesaikan makalahnya.
Si konsultan juga bertanggung jawab terhadap merekomendasikan buku-buku mana yang berkenaan dengan makalah yang sedang dikerjakan. Jika makelar makalah berpotensi mengakibatkan kebodohan dan kemalasan bagi mahasiswa maka konsultan makalah justru membantu mahasiswa keluar dari masalah makalahnya. Jangan lupa tetapkan harga untuk jasa yang kamu berikan tersebut.
11. JAHIT SEPATU
Saya belum pernah menemukan ada mahasiswa yang terjun dalam bidang ini, padahal potensinya besar lho. Coba kamu bayangkan ada berapa ribu pasang sepatu yang beredar di Kampus? Katakanlah setiap tahun ada sekitar 3000 (tiga ribu) pasang sepatu yang beredar dikampus dari tiga ribu tadi masak gak ada yang rusak dan perlu segera dijahit.
Gak usah banyak-banyak lah jika 3000 pasang tadi yang harus dijahit ada 1000 pasang sepatu maka rata-rata perbulan ada 83 pasang sepatu yang harus dijahit. Kemudian kalikan dengan ongkos jahit sepatu perpasang sekarang Rp. 20.000,- sama dengan Rp. 1.660.000,- (satu juta enam ratus enam puluh ribu rupiah) gila gak?
Kalau kamu berminat segera pelajari bagaimana cara menjahit sepatu dengan baik dan benar. Kalau kamu udah bisa silakan mulai lakukan promosi sama kawan-kawan kamu yang satu ruangan dulu baru kemudian kawan-kawan sekampus.  Sukses ya…
12. JAHIT BAJU
Kamu ngerti cara jahit baju gak? Gak usah yang ribet-ribet, misal ni ada selangkaan celana teman kamu yang koyak kamu bisa jahitin kan? Kenapa gak kamu manfaatin sadja kelebihan itu apalagi kamu punya mesit jahit dirumah.
Dulu waktu saya masih kuliah jasa jahit selangkaan celana koyak bisa sampek Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu) lho, padahal koyaknya cuman dikit tapi bayarannya gede banget. Makanya kamu harus manfaatin peluang ini.
pekerjaan sampingan paruh waktu untuk mahasiswa
Mahasiswa itu harus punya pekerjaan sampingan
13. PENYIAR RADIO
Kalau yang ini saya ahlinya. Saya pernah menjadi penyiar selama lebih kurang 5 tahun. Bagi saya menjadi penyiar tidak hanya sekedar masalah cari uang jajan tambahan tapi juga tentang belajar dan belatih komunikasi. Dalam beberapa kasus menjadi penyiar tidak langsung menghasilkan uang karena saat kamu dinyatakan diterima maka kamu harus ikut training tidak kurang dari 3 bulan, dan selama training tersebut kamu gak akan dibayar sepeserpun.
Tapi seiring perjalanan waktu ketika skill menyiar kamu sudah meningkat dsiaat itulah uang mulai masuk. Harap diingat pendapatan sebagai seorang penyiar berasal dari beberapa sumber diantaranya gaji bulanan menyiar dan dari menjadi MC (kalau ada yang undang).
mahasiswa penyiar radio seulaweut 91.0 fm
Penyiar Radio itu keren banget
14. PELAYAN RUMAH MAKAN, CAFÉ ATAU WARUNG KOPI
Di Banda Aceh ada banyak sekali rumah makan, café dan warung kopi dan sudah barang tentu tempat-tempat “ngabisin duit” tersebut membutuhkan tenaga kerja. Menjadi pelayan di rumah makan, café atau warung kopi tidak terlalu membutuhkan skill khusus yang penting kamu kerjanya rajin dan ulet.

BACA PART 1 DISINI

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH