14 Pekerjaan Sampingan Paruh Waktu Untuk Mahasiswa (PART 1)

Hasanusimuhammad.com - Dulu waktu masih berstatus sebagai mahasiswa saya termasuk mahasiwa yang sibuk nyari PEKERJAAN SAMPINGAN PARUH WAKTU. Tujuannya sederhana diantaranya adalah biar punya uang jajan tambahan. Jadi kalau perlu apa-apa yang sifatnya kebutuhan tambahan saya gak perlu lagi minta ke orang tua. 

Pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa
Tentor adalah salah satu pilihan pekerjaan
Memiliki pekerjaan sampingan yang bisa paruh waktu seyogyanya menjadi impian nyaris semua mahasiswa, tidak terkecuali mahasiswa-mahasiswa di Banda Aceh. Makanya jangan heran jika anda sering menemukan status facebook seorang mahasiswa isinya nanyain kerjaan, itu udah biasa.

Untuk kamu para mahasiswa yang lagi hunting pekerjaan sampingan dan boleh paruh waktu berikut nih saya kasih tahu beberapa pekerjaan sampingan paruh waktu yang pasti ada di Banda Aceh, semoga bermanfaat.

1. NGAJAR
Kamu punya jiwa mendidik gak? Kalau gak punya mendingan langsung skip aja ke nomor 2 yach. Kalau kamu punya jiwa itu manfaatkanlah hal tersebut. Di Banda Aceh ada puluhan bimbel untuk berbagai jenjang, yang SD lah SMP, SMA bahkan Kuliah. Dan bimbel-bimbel itu setiap tahunnya akan merektrut tenaga pengajar (tentor) baru. Kalau kamu tertarik segera siapkan CV terbaik kamu.

Atau kamu juga bisa jadi single fighter artinya kamu nawarin jasa mengajar kepada personal, kayak les privatgitu, dan kamu gak perlu gabung ke bimbel manapun. Cuman ya kamu harus extra keras nyari “pasien” nya.

Bung gimana kalau saya gak ada bakat ngajar mata pelajaran umum, tapi kemampuan saya menguasai Al-Quran sangat bagus? Keren, kelebihan tersebut pun bisa kamu manfaatkan di Banda Aceh. FYI (FOR YOUR INFORMATION) ya, di Banda Aceh ada sekitar 100-an Masjid dan tiap Masjid tersebut rata-rata memiliki sebuah TPA (taman pendidikan Al-Quran) maka sudah pasti kebutuhan akan tenaga pengajarnya juga semakin tinggi kan? Pasang kuping dimana-mana siapa tau ada TPA yang lagi nyari Ustadz Ustadzah.

2. REPARASI ALAT ELEKTRONIK
Kamu hoby otak atik alat-alat elektronik gak? Bukan untuk rusakin ya tapi benerin. Bisa gak? Kalau kamu bisa maka selamat, karena kamu baru saja memiliki salah satu keahlian yang bisa menghasilkan uang. Hidup di Abad 21 seperti ini semuanya kan serba elektronik ya mulai nari masak nasi, panasin air, nyetrika baju pokoknya serba elektroniklah.
Sudah menjadi hukum alam kalau alat-alat elektronik tadi ada masa pakainya, artinya suatu saat barang itu akan rusak. Dan ketika alat-alat tersebut rusak disanalah kehadiran kamu dibutuhkan. Sediakan selembar karton dan tuliskan dikarton tersebut “JASA SERVIS ALAT ELEKTRONIK” lalu tempel didepan kontrakan kamu. Dan uang tambahan kamu pun akan mengalir.
Supaya jasa yang kamu tawarkan lebih booming maka gunakan mulut dan handphone kamu untuk kasih tau sama teman-teman sekuliahan bila perlu sekampus kalau ada alat eletronik mereka yang rusak reparasinya sama kamu sadja. Sebagai permulaan kasih harga sedikit miring.
3. INSTALASI KOMPUTER
Tahun 2015 seperti ini mahasiswa manasih yang gak punya laptop atau minilmal PC lah? Gak ada kan? Semua mahasiswa pasti memiliki lamptop atau minimal PC. Bagi mahasiswa laptop udah saing-saingan sama nasi putih karena sama-sama jadi kebutuhan pokok.
Yang namanya laptop atau PC dalam kurun waktu tertentu mereka (laptop & PC) minta di install ulang, mungkin karena sudah berfirus atau si pemilik laptop mulai bosan sama aplikasi MS Word jadul yang tertatanam dalam laptop atau PC nya. Jadilah mereka membutuhkan orang-orang yang jago install ulang computer. Tidak hanya jago tapi juga mampu memberikan hasil yang memuaskan.
Harga pasaran install laptop di Banda Aceh saat ini adalah Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) kebayangkan jika seminggu kamu bisa mengistall 3 buah laptop, artinya kamu bisa dapat Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) itu kan udah bisa beli 2 kardus Mie Sedaap Goreng.
Kalau mau lebih rame yang install laptop sama kamu harganya gak suah kemahalan kasih aja harga dibawah Rp. 50.000,- misalnya sekali install laptop bayarnya Rp. 49.900,- gimana? Tertarik?
5. BURUH BANGUNAN HARIAN
Kebutuhan tenaga buruh bangunan harian sedang tinggi-tingginya di Banda Aceh seiring pertumbuhan bangunan baru yang semakin banyak. Kemanapun kita pergi akan ada pemandangan bagunan baru yang sedang dikerjakan. Sangking banyaknya bangunan baru yang tengah dikerjakan mengakibatkan tidak tercukupinya buruh dari Aceh walhasil buruh bangunan dari luar Aceh pun di import.
buruh harian bangunan
Mahasiswa mandiri adalah pekerja keras tanpa neko-neko
Kondisi ini harusnya dimanfaatkan oleh Mahasiswa yang memiliki kekuatan fisik memadai. Lumayan loh, upah pasaran buruh bangunan harian lepas rata-rata Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah) kamu bisa memilih hari Sabtu dan Minggu untuk bekerja dibidang ini.
Saya pernah mendengar cerita pribadi seorang dosen yang bekerja sebagai buruh bangunan saat beliau masih kuliah. Dari gaji itulah beliau kumpulkan sedikit demi sedikit hingga akhirnya beliau menyelesaikan kuliah. Do it, jangan ada kata malu, jika itu halal hamboe laju (hajar terus).
6. OPERATOR FOTO COPY
Operator Photo Copy ini kerjaannya foto copiin bahan kuliah, press KTP, jual ATK dan lain-lain. Kalau di Banda Aceh Darussalam merupakan surganya toko foto copy karena banyak sekali mahasiswa ditempat tersebut. Pekerjaan ini tidak memerlukan skill khusus yang kamu butuhkan hanya sedikit belajar dan mencoba setelah itu kamu pasti bisa.
7. JAGA WARNET
Saya punya referensi orang yang udah pernah kerja jagain warnet, namanya TM, kebetulan doi pernah kerja dibidang ini selama satu semester. Waktu itu TM sering kebagian shift pagi dan malam. Bagi saya memiliki teman yang bekerja sebagai penjaga warnet adalah sebuah berkah, saat itu saya tidak pernah dipungut biaya jika yang bertugas jaga TM.
Soal gaji kamu bisa tanya langsung sama TM, nih akun FaceBook-nya. Yang pasti diantara beberapa kelebihan kerja paruh waktu sebagai penjaga warnet adalah kamu bebas dan yang pasti gratis akses internet, lumayankan buat cari bahan kuliah.

LANJUT KE PART 2 DISINI

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH