5 Tips Sukses Bos Taspen Untuk Mahasiswa

Bro, ketemu lagi bersama saya, Aci, dalam program InspirACI. Program paling hits dikalangan mahasiswa sepanjang tahun ini. Prok prok prok itu kenapa teriak teriak? diem, diem...

Dalam pertemuan kali ini saya udah siapin 5 tips sukses untuk mahasiswa versi Bos Taspen. Tapi sebelumnya saya mau kasih tau dulu nih kalau tips ini saya dapatkan dari Republika.co.id. cuman saya rewrite (rewrite itu artinya tulis ulang) plus saya tambah sedikit mayones rasa semangka sama keju rasa tempe biar gurih, gitu. Semoga postingan kali ini bermanfaat ya.

So, sebelum kita liat tipsnya mari kita cari tau dulu apa itu Taspen dan siapa bos-nya sekarang…
Mahasiswa sukses
Taspen
Kalau ikut kata Wikipedia, maka jika kamu denger ada orang-orang (terutama pensiunan PNS, TNI/POLRI etc.) sebut sebut kata TASPEN maka kata itu megarah ke PT.TASPEN (Persero) atau Tabungan dan Asuransi Pensiun. Nah, PT.TASPEN ini adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil.

Perusahaan ini dibentuk sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1969 tentang "Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Juda Pegawai", yang selanjutnya juga memfasilitasi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1992 tentang "Dana Pensiun", serta Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 tentang "Sistem Jaminan Sosial Nasional".

Bos Taspen
Bos Taspen itu namanya Iqbal Lantaro. Pak Iqbal ini lahir di Makassar pada tanggal 5 Oktober 1958 (Nyaris saja tanggal 15 Oktober, my birthday) Alumni Sarjana Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar ini pernah menjabat sebagai Dirut Bank BTN selama 10 Tahun. Muantappppppp 

Setelah 10 tahun beliau memimpin BTN, pak Iqbal Latanro ini kemudian didapuk menjadi Direktur Utama PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) Persero.

Tips Sukses Untuk Mahasiswa
Taukah kamu? Putra asli Makassar ini mengaku saat masih kuliah adalah sosok yang tidak terlalu cerdas, tapi punya keinginan gede untuk terus belajar dan bertanya. Keren keren…

Tidak terlalu cerdas bukanlah halangan untuk menjadi orang hebat, Pak Iqbal Lantaro menjadi salah satu contoh kongkrit orang-orang dengan kecerdasan biasa-biasa saja tapi memiliki karier yang luar biasa. “semua ada solusinya” Kata Pak Iqbal.

Lantas apa sebenarnya rahasia sukses Pak Iqbal saat masih menjadi mahasiswa di UNHAS? Ada 5 cara yang harus dilakukan mahasiswa agar sukses didunia kampus, cara-cara berikut ini beliau sampaikan dihadapan ratusan mahasiswa UIN Syarief Hidayatullah saat menjadi pembicara dalam acara bertemakan Narkoba. Berikut tips-tips nya.

1. Duduk di Kursi Paling Depan
Sudah menjadi fitrah kebanyakan mahasiswa Indonesia, bahwa keseriusan dalam menguti perkuliahaan sangat tergantung pada posisi duduk didalam kelas. Semakin dekat dengan meja dosen maka akan semakin serius mengikuti mata kuliah atau setidaknya mencoba untuk serius.

Sebaliknya, semakin kebelakang posisi duduk seseorang maka potensi serius mengikuti perkuliahan semakin kurang. Percaya deh. Biasanya yang duduk dibagian belakang adalah mereka-mereka yang berharap dapat melakukan “aktivitas lain” saat dosen sedang mengajar. Misalnya tweeter-an, facebook-an, komat-kamit-an, bisik-bisik-an dan aneka kerjaan gak penting lainnya.

Maka sudah benarlah apa yang dilakukan Pak Iqbal saat masih mahasiswa dulu. Duduk didepan dan tarik perhatian dosen. Nariknya jangan pakek tambang...

2. Aktif di Kelas
Point ini sudah pernah saya kupas dalam postingan yang judulnya “Tipe Mahasiswa Yang Disukai Dosen” silakan kamu baca.

3. Ikut Organisasi
Saya udah pernah nulis tentang Organisasi belum ya? Kayaknya belum. Oke, menurut saya “organisasi” tak ubahnya seperti sebuah bengkel modifikasi mobil. Dibengkel modifikasi ini mobil-mobil yang biasa-biasa aja dapat disulap menjadi luar biasa. Mobil yang performanya standart abis bisa disulap jadi kayak Lamborgini.

Organisasi juga punya fungsi tak jauh berbeda dengan bengkel modifikasi mobil. Mahasiswa yang performanya biasa-biasa sadja akan menjadi luar biasa jika gabung ke organisasi. Mahasiswa yang kehidupan perkuliahannya monoton abis bisa mendadak menjadi berwarna gara-gara gabung ke organisasi.

Makanya Pak Iqbal merekomendasikan mahasiswa-mahasiswa untuk gabung ke organisasi, tujuannya cuman satu, supaya kuliah kamu lebih berseni.

4. Membaca
Ini udah pernah saya ulas di 5 Kebiasaan Buruk Mahasiswa silakan dibaca kemudian direnungi lalu lakukan revolusi.

5. Banyak Teman
Yang ini juga sudah pernah saya singgung dalam postingan yang berjudul “5 Orang Yang Harus Kamu deketin Selama Kuliah” meskipun tidak terlalu relevan tapi cukup menggambarkan betapa pentingnya teman bagi kita selaku mahasiswa. 

Saya punya sebuah kata bijak nan gaul untuk menggambarkan poin ini no friend, not man” keren kan?

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH