5 Penyakit Yang Rentan Banget Diderita Sama Mahasiswa

5 Penyakit Yang Rentan Banget Diderita Sama Mahasiswa - Postingan kali ini terinspirasi dari postingan sebelumnya yang berjudul “Cemekam; aromanya ngangenin sakitnya ngeselin”. Ditambah lagi belakangan kan lagi heboh-hebohnya mahasiswa IPB yang rame-rame terserang penyakit hepatitis. Kita doa-in semoga keluarga para korban tabah dan sabar menghadapi ujian ini. Amin.

Prolog

Selama lebih kurang 4 tahun menggenggam status “mahasiswa” setidaknya saya sudah pernah merasakan beberapa macam penyakit. Dan penyakit-penyakit yang pernah saya rasakan selama menjadi mahasiswa ternyata juga dirasakan oleh kawan-kawan saya yang juga sama-sama mahasiswa.

Melihat fakta tersebut akhirnya saya menarik sebuah kesimpulan, bahwa penyakit-penyakit yang akan saya sebutin bentar lagi adalah jenis penyakit yang rentan banget diderita oleh mahasiswa.

Apa aja kelima penyakit tersebut? Mari kita suntik satu persatu…

1. Maag

Menurut Wikipedia Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Seenggaknya ada beberapa alasan kenapa mahasiswa banyak banget yang mengidap penyakit maag. Diantara yang saya tau dan pernah saya alami sendiri penyakit maag disebabkan oleh jam makan yang tidak teratur, makanan yang tidak sehat dan kurang minum air putih.

Berikut beberapa contoh makanan yang gak sehat dan sangat berpotensi membuat kamu terserang penyakit maag: makan cabe rawit pakek sambal ABC, minum jus jeruk pakek perasan jeruk nipis, minum air laut pakek garam beryodium atau makan nasi 3 hari sekali. Minum 2 hari sekali. Fix, garansi 100% terserang penyakit maag.

Biar kamu gak terkena penyakit maag maka sudah semestinya kamu menghindari pola hidup tidak sehat seperti tidak mengkonsumsi makanan-makanan “aneh” yang saya sebut diatas, dan sudah tiba saatnya kamu beralih kepola hidup sehat. Jujur ni ya, sakit maag itu gak enak banget, banyak pantangannya, banyak gak bolehnya. Makanan yang harusnya enak gara-gara penyakit maag mendadak jadi gak enak. Pernah makan Pizza Hut gak? Apa? Gak pernah? Sama… kata orang Pizza hut itu enak, tapi saya yakin kalau kamu lagi kena maag maka keenakan tuh makanan Itali bakal lenyap.

Efek terburuk dari penyakit maag ini adalah muntah berat dan berpotensi mengakibatkan kematian (kalau muntahnya non stop)

penyakit yang sering dialami mahasiswa
INI YANG SAKIT SIAPA?

2. Penyakit Kulit

Mahasiswa itu doyan banget share barang-barang pribadinya sama kawan sekontrakan. Bayangin aja, kalau satu kontrakan terdiri dari 6 orang maka keenam-enamnya udah pernah memakai baju, celana, handuk, sabun mandi celana dalam yang sama. Jorok banget gak tuh? “Gaaaaak biasa ja…”

Memakai barang-barang pribadi yang fungsinya langsung melekat dengan badan maka hal utama yang harus dikhawatirkan adalah penyakit kulit. Penyakit kulit itu nular lewat macem-macem dan salah satu cara nularnya ya lewat pakaian. Kebayangkan kalau kamu pakek baju kawan kamu yang sedang menderita penyakit kulit semacam panu, kudis, kurap, “reuhat”, “terijo” apa yang akan terjadi sama kulit mulus kamu? Yups, kamu berpotensi mewarisi semua penyakit kulit tersebut.

Atau, dalam kasus lain kawan kamu memang gak punya riwayat penyakit kulit tapi doi bermasalah dengan aroma badan. Jadi, kalau lagi dekat-dekat dia kita suka susah bedain antara aroma SAYUR BAYAM BASI sama aroma tubuh dia. Yakin deh, aroma tubuh seseorang juga dapat ditransfer lewat pakaian. Hati-hati ya jangan sampek kamu digodain bapa-bapak “ciye… ciye… aroma busuknya sam nih…”

3. Demam Berdarah

Penyakit selanjutnya yang rawan diderita mahasiswa adalah demam berdarah. Mahasiswa yang menderita penyakit ini tidak terlepas dari dimana si mahasiswa itu nge-kost dan seberapa peduli si mahasiswa tersebut terhadap kebersihan lingkungan tempat dia tinggal.

Mahasiswa yang kost-kost-an nya dekat banget sama drainase sumbat maka potensi si mahasiswa terserang demam berdarah semakin tinggi. Atau semakin jorok dan jarang dibersihkan lingkungan tempat nge-kost si mahasiswa maka semakin besar perluang mereka terserang DBD.

Bagian gak enaknya dari terkena penyakit DBD ini adalah kamu harus di opname dirumah sakit berjam-jam bahkan berhari-hari dan bisa jadi berminggu-minggu. Dan selalunya kalau diopname berhari-hari gitu pasti si pasiennya gak mandi, boro-boro mandi untuk BE A BE aja sausahnya minta maaf.

Sederhananya untuk menghindari penyakit ini diantara yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kelancaran drainase dan memastikan kebersihan lingkungan tampat kamu nge-kost.

4. Sakit Kepala / Migran

Sakit kepala yang diderita mahasiswa biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya karena sering makan makanan berpenyedap (misalnya mie instan, snack-snack cemilan ber MSG tinggi), terlalu keras mikirin skripsi atau tugas-tugas kuliah lain (padahal, tugas kuliah dan skripsi  itu gak perlu dipikirin tapi cukup dikerjain) dan kurang tidur.

Menurut saya yang gak enak dari sakit kepala itu adalah tingkat konsentrasi kamu menurun. Otak kamu susah banget diajak mikir. Percaya deh.

5. Insomnia

Insomnia ini bahasa gampangnya itu susah tidur. Diantara sekian banyak penyebab insomnia salah satunya adalah sering banget begadang sama sering banget melototin layar tipi atau monitor laptop / PC. Mahasiswa itukan hoby banget begadang ya, walaupun gak pernah ada yang tahu untuk apa mereka begadang. Saya sering kali ketemu mahasiswa padahal udah jam 5 pagi lho, tapi masih aja duduk di warkop, rental PS atau warnet.

Selain akibatkan insomnia begadang yang berlebihan juga bisa akibatkan turunya daya kerja otak, susah konsentrasi dan males diajak mikir. Saya udah buktiin sendiri bahwa fakta tentang efek begadang itu memang benar-benar ada.

Okeh, untuk postingan 4 Penyakit Yang Berpotensi Diderita mahasiswa sampai disini dulu. Kita ketemu dipostingan selanjutnya. BTW, kalau kamu mendapati ada penyakit lainnya yang berpotensi banget diderita mahasiswa silakan kamu tinggalin coment dikolom komentar dibawah.

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH