ADIK-ADIK KE BANDA ACEH? KITA KASIH LIBURAN MURAH

HM - Liburan Murah di Banda Aceh? Sabi! Jika ada orang yang iseng gak ada kerjaan mau bikin artikel tentang “sejarah libur weekend terpanjang” maka libur weekend kali ini harus masuk kedalam tulisan tersebut. Lihat saja, libur sudah dimulai sejak hari Kamis (Tanggal 24 Desember) karena bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, besoknya, tanggal 25 Desember 2015 libur Natal. Dilanjutin lagi sama libur ruitn Sabtu dan Minggu. Benar-benar panjang liburan kali ini.

Nah, ekses dari libur panjang tersebut adalah banyak banget saudara-saudara kita yang berlibur keberbagai destinasi wisata, baik yang ada didaerah sendiri maupun ketempat orang lain. Seperti yang dilakukan teman baik saya, TM. mengisi liburan panjang kali ini doi bareng Ibunya pergi ke Kepulauan Seribu, Jakarta, buat jengukin abangnya, ofcourse sekalian liburan. Gak cuman ke Kepulauan Seribu TM juga berencana ke Tanggerang buat ngunjungin Zahri teman baik kami semasa sama-sama masih jadi penyair di Radio Seulaweut.

Kalau si TM ngabisin waktu liburnya ke daerah orang lain, banyak juga kok “orang lain” yang ngisi liburannya ke daerah si “TM” (baca: Aceh). Yups, Aceh merupakan salah satu provinsi yang banyak dikunjungin turis kalau lagi libur panjang kayak gini. Dan biasanya Sabang adalah destinasi utama para turis. Jadi, kamu gak usah heran kalau moment libur panjang kayak gini nyari tiket kapal laut buat nyebrang ke Sabang udah sesusah nyari kerja di Jakarta.

DESI & ARIF KE BANDA ACEH

Apa yang dilakukan TM dan para traveler lainnya ternyata juga dilakukan oleh adik-adik saya. Yaitu Desi dan Arif. Mereka berdua manfaatin akhir pekan yang panjang ini buat liburan ke Banda Aceh, sekalian liat keponaannya yang udah berumur 4 bulan pertanggal 4 Desember kemaren.

Kedatangan mereka berdua ke Banda Aceh masuk dalam katagori mendadak. Mareka baru ngabarin akan ke Banda Aceh beberapa jam sebelum berangkat dari Idi Cut. By the way, Idi Cut adalah sebuah kota –kecil- yang indah (dulu sih…) kebetulan bertetanggaan langsung sama ibu kota Aceh Timur, Idi Rayeuk.

Karena kedatangan mereka yang mendadak tersebut saya dan istri gak sempat ngundang penari ranup lampuan buat nyambut mereka. Kami hanya sempat bikinin mereka nasi goreng dengan telur dadar. Meskipun demikian mereka tetap bahagia, karena mereka berangkat dari Idi Cut dalam kondisi perut yang kosong karena belum makan malam. Alhamdulillah.

LIBURAN MURAH

Tepat jam 09.00 pagi mereka tiba di kontrakan kami. Dan disaat yang nyaris bersamaan emak saya nelpon. Beliau nanyain apakah putra putrinya udah sampek atau belum, soalnya gak ada satupun HP mereka yang bisa dihubungin. Selain nanyain keberadaan mereka emak juga pesan supaya saya ngajak mereka berdua keliling Banda Aceh sampek habis, terutama bawa mereka kedestinasi-destinasi wisata yang sering banget ditanyangin di tipi. Oke, permintaan yang gak muluk-muluk and of course I can hendle it…

ARIF AKBAR
ARIF AKBAR

Mulailah saya merencang itinerary untuk dikunjungin sama adik-adik saya itu. Sebisa mungkin tour akhir bulan ini harus low budget, pasalnya ini akhir bulan, dan akhir bulan itu paling gak seru kalau udah ngomongin duit. Gak mungkin kan saya mintak duit mereka? Sebenarnya mungkin aja sih, tapi sebagai abang yang baik, melakukan tindakan tersebut adalah hal yang akan membuat mereka sadar kalau abangnya adalah orang yang gak berpunya. #jaim

Hasilnya, dalam kondisi dana yang terbatas saya gak mungkin kan ngajak mereka makan siang di Warung Hasan, makan malam di Nasi Goreng Daus dan Sarapan pagi pakek nasi Gurih Faisal. Dan mustahil saya ngajak mereka ke Mata Ie Hillside, Water Boom dan Wahana Impian Kuta Malaka. Pokoknya semua simbol kemegahan Banda Aceh harus saya singkirkan jauh-jauh dalam rangkaian tour mereka kali ini.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mengajak mereka ketempat-tempat berikut biar hemat biaya…

1. MASJID

Saya sempat bilang sama si Arif kalau Banda Aceh juga dikenal dengan sebutan “Kota seribu warung kopi Masjid” (istilah yang saya ciptain sendiri). Tujuan saya ngasih tau istilah tersebut jelas banget, biar dia lupa sama istilah “1000 warung kopi”. Menurut saya, istilah “1000 warung kopi” terlalu konsumtif dan gak cocok kalau didengung-dengungkan akhir bulan seperti ini. Huahahaha Huahaaa.

3 hari si Arif di Banda Aceh setidaknya dia udah pernah shalat di 8 Masjid berbeda. Dan yang pasti saya selalu milih Masjid yang cakep-cakep biar dia betah diajak shalat berjamaah. Diantara Masjid yang udah dia kunjungin adalah…

  • Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat,
  • Masjid Babuttaqwa Aspol Gampong Kuta Alam,
  • Masjid Babuzzamzam Gampong Peunayong,
  • Masjid Al-Muttaqin Gampong Peunayong,
  • Masjid Al-Mukarramah Gampong Mulia,
  • Masjid Agung Al-Makmur,
  • Masjid Al-Abrar Gampong Lamdingin dan
  • Masjid Al-Hidayah Gampong Lampulo,
  • Masjid Al-Fitrah Gampong Ceuceh Meunara

Menurut saya memilih Masjid sebagai salah satu destinasi wisata adalah sesuatu yang wajib. Selain sevisi dengan konsep Wisata Islami, memasukkan Masjid kedalam ittenari juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk kenalin bagaimana Muslim di Banda Aceh. Disamping itu Masjid-Masjid yang dikunjungin sama turis berpotensi banget menjadi lebih sejahtera. He he he...

2. BLANG PADANG

Selain ke Masjid si Arif juga saya ajak ke Blang Padang. Selama 3 hari di Banda Aceh si Arif sempat ke Blang Padang sebanyak satu kali. Waktu itu kami jogging bareng sambil ngeliat pemandangan orang-orang lagi makan bakso goreng, indomie rebus, kentang goreng sama minum jus. Sedangkan Kami hanya bisa berlari dan lari dan lari lagi…

Di Blang Padang ada banyak sekali objek-objek keren yang gak boleh kamu lewatin begitu sadja. Misalnya, kamu akan ngeliat puluhan prasasti menyerupai moncong perahu disepanjang jogging track. Di prasasti tersebut tertulis sebuah kata -menggunakan bahasa dari Negara berbeda-beda- yang berarti “damai dan sejahtera”.

Di Blang Padang juga kamu bisa liat replika pesawat RI 01 yang letaknya sebelah-sebelahan sama jogging trac. Biasanya dibawah replika pesawat ini kamu akan liat remaja-remaja keren yang lagi latihan break dance. Kalian keren yo… whatups whatups…

By the way, kalau kamu baru gajian maka Blang Padang adalah salah satu tempat yang keren buat “ngabisin duit” selain Pasar Aceh, Pasar Peunayong, Pasar Neusu, Pasar keudah, Hermes Mall dan Suzuya Mall. Sedangkan buat kamu yang belum kunjung gajian maka Blang Padang adalah tempat terbaik buat jogging. #Dunia ini adil sekali…

3. BOAT DIATAS RUMAH

Berhubung jarak dari rumah saya kelokasi boat diatas rumah ini tidak terlalu jauh maka saya sempatin diri bawa si Arif untuk melihat betapa hebat dan dahsyat tsunami sehingga sanggup ngangkat boat kayu seberat 20 ton itu ke atas rumah warga.

Ngeliat boat diatas rumah ini nyaris gak perlu ngeluarin biaya, apalagi kamu piginya subuh hari, soalnya yang jaga parkiran (mungkin) masih tidur. Karena biaya yang kamu butuhkan untuk ngeliat objek wisata yang terletak di Gampong Lampulo ini cuman biaya parkir doang.

Yang bikin saya kecewa adalah reaksi si Arif pas liat boat tersebut. Yups, reaksinya datar abis. Harusnya kan dia bisa pasang muka “terkejut” kayak turis-turis lain. Saya curiga, ada 2 kemungkinan dibalik kedataran wajah si Arif, pertama karena kami datang terlalu subuh, bisa jadi yang terlihat oleh si Arif boat tersebut markir depan pintu rumah warga bukan atap rumah. Yang kedua dia gak tau kalau yang nyangkut itu namanya boat, dalam fikirannya itu adalah rakit pohon pisang.

Nah, itu dia 3 lokasi wisata yang sempat dikunjungin sama si Arif selama dia di Banda Aceh. Sisanya, pria tinggi jangkung ini sibuk pretelin laptop barunya dari terbit fajar sampek terbenam matahari. Dari kelelawar pergi cari makan malam hari sampek kelelawarnya pulang istirahat pagi.

Oh ya, Ingat dan catat… ada ratusan objek wisata keren di Banda Aceh. Kalau kamu udah sampek di Banda Aceh pastikan kamu gak ngelewatin tempat-tempat wisata tersebut. Saya saranin agar kamu searching di google biar tau dimana aja lokasinya.

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH