Penyebab Mahasiswa Malas Ngampus

WARNING!!!! SEBELUM MEMBACA POSTINGAN INI JANGAN LUPA SIAPIN OBAT TETES MATA. KARENA POSTINGAN INI LUMAYAN PANJANG.

Saat beberapa kata pertama dalam paragaraf ini saya ketik, jam dilaptop saya udah nunjukin pukul 10.50 PM (22.50 WIB). Dan, setengah jam sebelum saya mulai ngetik paragaraf ini saya baru saja pulang dari menghadiri acara ceramah agama dalam rangka memperingati hari laharinya Baginda Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat. Dalam acara tersebut saya diminta sama pengurus BKM untuk jadi pembawa acara.

Sebagai orang yang pernah tinggal selama 5 tahun di Masjid yang tetanggaan sama Hotel Regina ini saya mengharuskan diri untuk gak nolak kalau tiba-tiba pengurus Masjid butuh kontribusi saya. Dan komitmen tersebut akan terus saya jaga sampai saya “gede” nanti.

Kebayang gak kalau suatu hari nanti saya udah jadi orang terkanal, kebetulan saya lagi ngisi talkshow di Net TV bareng Sarah Sechan, tiba-tiba masuk SMS dari pengurus Masjid Baiturrahmah bunyi smsnya gini “Aci, tolong ke Masjid Baiturrahmah, septic tank dekat tempat wudhuk ibu-ibu bocor”. Apa kata Sarah Sechan? Yang pasti dia gak akan bilang apa-apa karena kan yang saya terima SMS bukan video call, jadi dia gak tau. Huahahaha huahahaha
Fitra Winanda
Fitra Winanda, yang mukanya dibintangin
Fitra Winanda
Dalam ceramah peringatan maulid malam itu yang jadi penceramahnya adalah Ustadz Azhar Abdullah, S.Ag, MA. Buat namba-nambah info kamu nih, Ustadz Azhar Abdullah, S.Ag, MA ini dulunya (masa-masa beliau masih mahasiswa) juga pernah tinggal di Masjid Baiturrahmah Gp. Keuramat lho, Keren kan? Dan saat ini beliau tercatat sebagai salah satu orang berpengaruh di Kanwil Kemenag Aceh.

Pak Keuchik Gp. Keuramat pernah ngomong gini “mahasiswa-mahasiswa yang pernah tinggal di Masjid Baiturrahmah Gp. Keuramat rata-rata sukses semua”. Apa yang diucapin Pak Keuchik adalah sebuah fakta yang gak dapat dibantah, karena memang faktanya seperti itu. Oke, back to topic…

Malam itu cermah dimulai persis jam 20.30 WIB. Dan ceramahnya selesai tepat pada jam 22.00 WIB. Begitu Ustadz Azhar turun dari mimbar lansung saya dan beberapa remaja Masjid lainnya bagi-bagiin kue-kue yang udah disiapin sama ibu-ibu -sore harinya- buat para jamaah yang hadir dalam ceramah tersebut. Saya ingat banget, malam itu kue yang paling banyak menuhin piring duralex adalah kue jenis “kue sabang”. Saya curiga ini masih ada hubungannya sama libur panjang kemaren. Huahahaha huahahaha
http://inisiaci.blogspot.co.id/2015/12/penyebab-mahasiswa-malas-ngampus.html
Kue Sabang
Udah siap ngebagiin kuenya, barulah kami-kami yang “masih” remaja ini duduk bareng sambil nge-meal kue sisa yang dibagiin tadi.

Disaat sedang makan kue itulah salah saorang junior saya di Masjid Baiturrahmah namanya Fitra Winanda membuat pengakuan mengejutkan. Dia mengaku kalau dia udah baca postingan terbaru saya yang judulnya LIBURAN MURAH DI BANDA ACEH. dan menurut dia tulisan tersebut keren abis.

Sejujurnya, saya agak curiga sama orang-orang yang memuji karya saya, terutama tulisan-tulisan saya di Blog. Jangan-jangan ada sesuatu dibalik pujian tersebut. Tapi karena saya gak mau suudzon saya coba berbaik sangka, mungkin memang benar-benar ikhlas si fitra mujinya.

Beberapa detik setelah saya coba husnudzon fitra langsung ngomong gini “bang, fitra ada ide ni. Bagus kalu abang tulis…” What? Perlukah kutarik kembali husnudzon tadi? Emang benar ni anak, mujinya gak ikhlas banget. Yah, kalau udah kek gitu kan gak enak kalau nolak permintaan dia.

Yaudah deh. Saya dengerin dulu apa yang mau disampein sama Mahasiswa UIN Ar-Raniry itu. Kalau bagus kita tulis kalau gak bagus kita cambuk dia 5x. ^_^

Dan… coba tebak! Ternyata apa yang disaranin sama si fitra ini cakep banget. Dan yang pasti base on his experience. Jadi, fitra ngasih tau kalau ada beberapa mahasiswa yang punya kebiasaan kurang bagus, yaitu kuliahnya semangat diawal tapi melempem ditengah sama diakhir. Dan yang kerennya lagi si fitra ini udah coba observasi kenapa mahasiswa-mahasiswa tersebut punya kebiasaan seperti itu.

Menurut pemuda ganteng asal Simelue ini, setidaknya ada 4 hal yang bikin mahasiswa itu semangat diawal males ditengah dan akhir…

1. Banyak Tugas

Mahasiswa kadang suka males kuliah kalau dosennya ngasih tugas kebanyakan. Menurut fitra, ada beberapa temannya yang nunjukin sikap seperti ogah-ogahan kalau udah mau kuliah, suka gak semagat kalau harus kekampus. Kondisi tersebut terjadi karena si mahasiswa merasa tertekan sama tugas-tugas yang harus mereka selesaikan tiap hari.

Menurut Saya, sebagai seorang mahasiswa kamu gak boleh males kekampus karena alasan banyak tugas. Justru aneh kalau kuliah kamu gak pernah dikasih tugas sama dosen. Jangan-jangan kamu udah gak "dianggap" lagi. Kabur dari kenyataan bahwa kampus adalah tempat yang penuh dengan tugas, kedengaran seperti pengecut. Mahasiswa dengan mental seperti ini gak boleh dikasih amanah apa-apa.

2. Gak Ada Uang

Poin kedua yang disebutin sama fitra adalah gak ada uang. Hm… hm… saya gak sempat mendalami kemana arah point kedua ini. Apakah arahnya ke ongkos naik labi-labi sama beli bensin motor atau gak ada uang buat bayar SPP.

Tapi, kemanapun arahnya mahasiswa yang gak punya uang bukan cuman gak semangat pergi kuliah tapi emang gak bisa pergi kuliah. gimana mau pergi kuliah coba kalau ongkos Trans Koetaradja aja gak ada, mau beli bensin gak ada uang. Inikan pahit banget…

Saran lagi nih dari saya, jangan jadikan uang sebagai alasan buat kalian gak kuliah. Kamu kan gak sendiri dimuka bumi ini? Kalau kamu gak punya uang untuk bayar SPP kamu bisa kok minjem dulu sama kawan dekat kamu, atau banyak juga kok Dosen yang berbaik hati mau minjemin kamu duit, apalagi menurut dosen tersebut kamu dianggap punya potensi. Pernah lho ada mahasiswa yang dibantu sama Warek 3 SPP-nya. Si Mahasiswa ini dibantu karena memang doi benar-benar gak berpunya namun menurut Pak Warek 3 dia seorang mahasiswa berpotensi.

Intinya begini, sebagai seorang muslim yang baik kita harus yakin seyakin yakinya bahwa Allah gak akan membiarkan kamu dalam kesusahan kalau kamu udah mintak bantu sama Dia.

3. Jenuh

Jenuh disini beda banget sama lemak jenuh ya. Bedanya apa? Jenuh itu letaknya dikampus sedangkan lemak jenuh posisinya diperut. Hahahaha…

Dulu saya pernah “disumpahin” sama senior saya dikampus. Kata abang leting waktu itu “cepat atau lambat kamu pasti akan merasakan yang namanya jenuh kuliah ci. Gak percaya? Tunggu aja, waktu itu akan tiba”

Jujur saya sempat ketakutan juga. Bukan, bukan takut sama “kutukan” abang senior ini. Tapi takut kalau suatu saat saya benar-benar akan jenuh kuliah. Dan yang pasti kejenuhan itu efeknya parah banget buat perkuliahan kamu. Banyak tuh abang-abang leting yang udah gak semangat kuliah karena merasa jenuh sama semua hal yang bertema kampus.



Alhamdulillah, sampek saya selesai gak pernah saya merasakan kejenuhan yang parah. Jenuh yang bikin orang males ngapa-ngapain. Jenuh yang bikin mahasiswa benci tiap kali dengar kata kampus, skripsi, kuliah dan wisuda. Beruntung banget saya gak kena syndrome jenuh akut.

Menurut hemat saya jenuh kuliah terjadi karena rutinitas yang menjemukan. Rutinitas-rutinitas seperti kuliah pulang kuliah pulang, atau kampus kontrakan kampus kontrakan adalah tipe rutinitas yang berpotensi banget bikin mahasiswa jenuh. Kalau udah seperti itu si mahasiswa bakal merasa kampus itu tak ubahnya seperti makan nasi putih tiap pagi. Gak ada yang istimewa, gak ada yang wah…

Kalau ada teman-teman kita yang menunjukkan gelagat seperti yang saya sebutin barusan, ada baiknya kamu saranin dia untuk merubah pola kebiasaannya. Yang awalnya 
kuliahàpulang kuliahàpulang, menjadi 
kuliahàkegiatan ekstra di KampusàPulang, atau bisa juga 
Kuliahàgabung organisasiàpulang. 

Dijamin deh, kesehariannya bakal lebih berwarna dan lebih segar.

4. Dosen Killer

Kata si Fitra doi sering banget nemu kawan-kawan yang menghindar kalau harus masuk mata kuliah tertentu. Pasalnya sang dosen bersikap dan berprilaku terlalu keras tegas sama mahasiswanya dan kurang toleransi.

Saya gak tau ya apa motif fitra ngomong kayak gitu, tapi yang udah pernah saya alamin selama 4 tahun dikampus, saya jarang banget nemu dosen yang begituan. Ya kalaupun ada, menurut saya ada 2 kemungkinan: Pertama, si dosen bersikap keras karena salah si mahasiswa itu sendiri, paling sering terjadi karena -biasanya- si mahasiswa hobi banget nunda-nunda kalau disuruh bikin tugas, sehingga saat hari yang udah ditentukan untuk kumpulin tugas mahasiswa ini gagal menyelesaikannya.

Dan yang kedua dosennya memang model kayak gitu. Dosen yang semacam ini gak banyak sih dikampus, paling satu dua doang, biar kampusnya lebih berwarna, gitu. ^_^


Untuk sementara itu dulu posting kali ini. Terimakasih paling gede untuk fitra yang udah kasih ide cemerlang ini. Semoga tambah ganteng.

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH