4 Alasan Kenapa Masih Ada Orang Yang Gak Pakek Smartphone

HP JADUL
Konsultaci - Sekarang jamannya udah maju. Salah satu wujud dari kemajuan tersebut adalah dengan semakin bertambahnya para pengguna smartphone. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pengguna smartphonedi Indonesia semakin menunjukkan peningkatan. Ditahun 2015 tercatat pengguna smartphone di Indonesia sudah mencapai angka 55 juta pengguna. Itu artinya ¼ penduduk Indonesia udah pada pakek smartphone.

Meskipun pertumbuhan pengguna smartphone konsisten menunjukkan peningkatan namun ada satu fakta lainnya yang berbanding terbalik dengan trend pengguna smartphonedi Indonesia saat ini. Yaitu masih ada sejumlah masyarakat Indonesia yang tetap setia menggunakan handphone model lama.

Iseng, saya pun melakukan semacam penelitian kecil-kecilan dengan sebuah pertanyaan inti “kenapa gak pakek smartphone?” penelitian tersebut melibatkan beberapa teman dekat saya yang sampai artikel ini saya posting (btw tulisan ini pertama kali saya posting 2025 silam) mereka masih komit menggunakan handphone model lama, Nokia 3315 misalnya.

Dan berikut beberapa jawaban yang mereka berikan untuk pertanyaan “Kenapa gak pakek smartphone?”

1. Gak Punya Duit
Alasan pertama yang sering banget jadi penghalang seseorang memiliki smartphone adalah duit. Sederhananya, gak ada duit gak ada smartphone. Kayaknya gak cuman smartphone yang gak bisa dibeli kalau gak ada duit, barang-barang pokok kebutuhan rumah tangga sekalipun terpaksa ngutang sama kios depan rumah. hehe

2. Cukup Handphone Biasa
Saya kenal seorang Dosen dikampus tempat saya kuliah dulu. Si Dosen ini kemana-mana selalu pakek mobil. Ke Kampus, ke gedung Rektorat, ke Masjid juga pakek mobil. Saya curiga sama Dosen ini jangan-jangan tidurpun didalam Mobil ^_^. Bahasa mudahnya adalah beliau orang yang berduit. Tapi, urusan alat komunikasi beliau masih betah menggunakan handphone sederhana yang cuman bisa nelpon sama SMS doank.

Gak ada yang berani tanyain sama Dosen bersangkutan kenapa ditengah kemampuannya menghasilkan banyak uang namun beliau tidak kunjung menggunakan smartphone. Akhirnya saya menyimpulkan bahwa Dosen ini sudah merasa bukup hanya dengan memakain handphone biasa saja.

Saran juga nih buat yang pengen beli smartphone. Sebaiknya kamu gak usah beli smartphone jika kebutuhan kamu terhadap barang tersebut tidak terlalu mendesak.

3. Gak Ngarti Cara Pakeknya
Orang selanjutnya yang saya tanyain mengaku tidak menggunakan smartphone karena alasan yang sangat tradisional yaitu gak ngerti cara makeknya. Kebetulan objek survey saya yang satu ini adalah seorang wanita. Sebagai kaum hawa, responden saya ini mengaku tidak terbiasa menggunkan alat-alat canggih. Sangking gak terbiasanya, doi selalu harus minta tolong tentangganya buat idupin televisi.

Meskipun cewek yang saya maksud ini sering banget berurusan sama Manager, costumer service, front office di salah satu Bank Swasta namun hal tersebut tidak lantas membuatnya berfikir untuk menggunakan smartphone. Yups, office girl yang satu ini tetap setia dengan HP jadulnya. Hehe

4. Takut Kebuka Yang Aneh-aneh
Alasan ini disampaikan oleh seseorang yang dulunya udah pernah pakek smartphone. Karena alasan dosa akhirnya orang yang saya maksud barusan akhirnya memutuskan untuk gak pakek smartphone lagi.


Ditanya dosa seperti yang dia maksud, responden saya ini mengaku dulunya doi sering banget menggunakan smartphone untuk mengakses situs-situs yang bisa bikin para laki-laki berdosa. Yups, situs-situs tersebut banyak banget diinternet. Beliau heran kenapa Kemenkominfo gak berinisiatif menutup situs-situs gosip online yang udah bikin banyak orang terjebur dosa ghibah. V^_^V

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH