Shalat Dhuha di Masjid Baiturrahim Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa

Masjid Baiturrahim Ulee Lheue
Tanggal 28 Desember 2015 kemaren saya dan beberapa teman beruntung banget bisa Shalat dhuha di Masjid Baiturrahim Ulee Lheu. Saya katakan beruntung karena sebelumnya kami gak pernah merencakan aktivitas tersebut. Kesempatan kami melaksanakan shalat dhuha di Masjid yang menjadi saksi bisu dahsyatnya tsunami ini disebabkan urusan pekerjaan.

Yups, hari itu di Masjid tersebut akan dilangsungkan eksekusi cambuk terhadap beberapa orang pelanggar dengan kasus yang berbeda. Okeh, kita gak akan bahas proses pencambukan, tapi kita akan liat bagaimana Masjid Baiturrahim saat itu.

Saya paham banget kalau ada ratusan foto Masjid Baiturrahim di Google Image, tapi anggap saja foto-foto dalam postingan ini merupakan up date gambar Masjid-masjid kebanggaan warga Meuraxa ini. Tapi sebelum kita lihat hasil jepretan kami, mari kita kenali dulu sejarah Masjid Baiturrahim.
Masjid Baiturrahim Ulee Lheue
Ruang Shalat Utama
Sekilas Tentang Masjid Baiturrahim

Guys, kamu udah tau kan kalau Masjid Baiturrahim ini merupakan satu diantara beberapa Masjid bersejarah di Aceh. Masjid ini merupakan “warisan” Sultan Aceh abad ke-17. Saat itu Masjid Baiturrahim ini bernama Masjid Jami’ Ulee Lheu.

Kamu pernah dengar kan kalau Masjid Raya Baiturrahman dibakar sama Belanda, yups, Masjid Raya Baiturrahman pernah dibakar sama Belanda tepatnya pada tahun 1873. Nah, waktu Masjid Raya Baiturrahman dibakar semua kegiatan ibadah di Masjid Raya Baiturrahman dipindahkan ke Masjid Baiturrahim.

Karena usianya yang udah sangat tua, Masjid ini pernah mengalami beberapa kali renovasi. Awalnya Masjid ini dibangun dengan material kayu. Namun pada tahun 1922 pemerintah Hindia Belanda membangun ulang Masjid tersebut dengan material permanen.
Masjid Baiturrahim Ulee Lheue
Lantai 2 Masjid Baiturrahim Ulee Lheue
Masjid Baiturrahim Ulee Lheue
Ruang Shalat Utama Difoto dari Lantai 2
Masjid Baiturrahim dan Tsunami

Selain Masjid Rahmatullah Lampuuk, Masjid Baiturrahim Ulee Lheu juga termasuk salah satu Masjid yang mampu menarik perhatian banyak orang karena tidak hancur akibat terjangan tsunami. Masjid-masjid tersebut kokoh berdiri disaat bangunan lain disekitarnya rata dengan tanah.

Baut kamu yang belum pernah berkunjung ke Masjid ini jangan khawatir, karena nemuin Masjid ini gampang banget, segampang nemuin gedung pecakar langit ditengah komplek perumahan tipe 36. Sebuah menara Masjid tinggi akan memandu kamu menemukan  Masjid ini dari kejauhan.
Masjid Ulee Lheue
Menara Masjid Ulee Lheue Siap Memandu Kamu
Selain kamu bisa menikmati keindahan Masjid ini, kamu bisa juga berbelanja souvenir khas Aceh. Persis disamping Masjid (masih dalam pekarangan) terdapat sebuah bangunan persegi yang dibangun khusus sebagai tempat belanjaa souvenir khas Aceh. Jadi, selain bisa menikmati keindahan Masjid Baiturrahim ini kamu juga bisa sekalian belanja. Seru kan... Oh, ya. Gak cuman bisa belanja, didalam bangunan persegi ini kamu juga bisa liat foto-foto Masjid ini saat diterjang tsunami.
Masjid Baiturrahim Ulee Lheue
Toko Souvenir disamping Masjid Baiturrahim

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH