LIBURAN KE JAKARTA (X) LIBURAN KE MASJID DI JAKARTA (V)

HM - Beberapa hari yang lalu teman saya TM (Teuku Muhammad) baru saja balik dari Jakarta. Doi ke Jakarta bareng mamaknya. Selain alasan liburan, kunjungan TM ke Jakarta juga dibarengin sama acara ngunjungin abangnya yang bekerja sebagai Kepala Puskesmas di Kepulauan Seribu.

Kunjungan TM waktu itu juga diisi dengan kegiatan “temu kangen” sama sohib kami Zahri. TM, Saya dan Zahri pernah sama-sama menghabiskan waktu bertahun-tahun disebuah Radio Swasta di Banda Aceh, yaitu Radio Seulaweut 91.0 Fm.

Dari TM saya dapat kabar bahwa Zahri udah ganti nama, bukan ganti sih, lebih tepatnya “bertambah nama” dari yang awalnya hanya “Zahri” kini berevolusi menjadi “Zahri Ho”. Saya curiga kalau perubahan tersebut ada hubungannya sama pilem-pilem Korea yang lagi digandrungi remaja belakangan ini, hahaha

zahri dan tm. syahrizal
ZAHRI BAJU PUTIH | TM KAOS HITAM

Balik dari liburan 9 hari itu TM banyak banget bawain oleh-oleh, mulai dari dodol, bros dan gak ketinggalan sisa Mie Ayam digigi gerahamnya yang doi makan waktu jalan-jalan ke Kota Tua bareng Zahri.

Bagi saya ada hal yang lebih menarik untuk ditagih sama TM daripada dodol sama bros -yang sebenarnya dibeli pakek duit mamaknya- Yaitu photo-photo kece beberapa Masjid yang pernah dia kunjungin selama di Jakarta.

Jujur, saya rada-rada iri ngeliat photo-photo TM dibeberapa Masjid yang ikonik abis, kayak Photo Masjid At-Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII) misalnya. Itukan keren banget Masjidnya.

MASJID AT-TIN TAMAN MINI INDONESIA
JEPRETAN TM | MASJID AT TIN TMII

Ya… mau begimana, udah rejekinya si TM. semoga suatu saat kelak saya berkesempatan ketemu Zahri berkunjung ke Masjid-Masjid yang pernah dikunjungin TM tadi.

WISATA MASJID DI JAKARTA

Diblog pribadinya (tmsyahrizal.com) TM banyak bercerita tantang sisi lain dari liburan panjangnya ke Jakarta. Misalnya doi ceritain tentang pengalaman ke pantai pasir perawan, pengalamannya photo bareng pocong di kota tua dan gak ketinggalan pengalaman pertamanya naik kereta api sama bus way.

Nah, karena cuplikan perjalanan melaksanakan shalat dibeberapa Masjid kece-kece gak disebutin secuil pun diblognya maka saya berinisiatif buat memanfaatnkan celah tersebut untuk bikin tulisan yang mengupas cerita-cerita Masjid yang sempat dikunjungin TM selama di Jakarta.

Untuk mendapatkan keterangan langsung dari TM saya sengaja minta dia buat ceritaiin ke saya selama di jakarta dia udah shalat di Masjid mana aja. Alhamdulillah dia bersedia.

TM DAN MASJID INDAH DI JKT

Disuatu siang yang agak terik proses ngewawancarain TM Pun dimulai. Saya mintain TM buat nyeritain  2 hal, yaitu…

  1. Masjid Mana Aja yang udah dia kunjungin
  2. Pendepat Pribadi dia tentang Masjid Tersebut

Dan berbekal pertanyaan tersebut mulailah TM bercerita perihal Masjid-masjid yang sempat dia kunjungin selama di Ibu Kota Indonesia tersebut.

MASJID AT-TIN TMII

Masjid pertama yang dikunjungin TM selama di Jakarta adalah Masjid At-Tin Komplek TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Kenapa Masjid ini yang pertama? Menurut cerita yang berhasil saya catat dari penuturan TM, saat tiba di Jakarta TM dan mamaknya dijemput oleh kakak dan abang iparnya menggunakan sebuah mobil. Dijemput di Cengkareng mereka gak langsung dibawa kerumah melainkan diajak muter-muter Jakarta dulu.

Keasikan muter-muter Jakarta tiba-tiba jam udah nunjukin pukul 12-an gitu. Karena udah mau dzhuhur sang driver (abang ipar) akhirnya ngebawa mereka ke Masjid terdekat. Kebetulan saat itu Masjid yang agak dekat sama lokasi mereka berada adalah Masjid At-Tin TMII. Itulah kenapa TM berhasil shalat di Masjid yang dibangun berkat jasa Yayasan Ibu Tien Soeharto (Wikipedia)

Menurut TM Masjid At-Tin ini ukurannya lebih luas dari Masjid Agung Al-Makmur Lampriet Banda Aceh, mungkin sekitar 1 atau 2 kali dari Masjid Agung Al-Makmur. Bedanya adalah Masjid At-Tin jauh lebih hijau daripada Masjid kebanggaan warga Banda Aceh tersebut.

Masjid At-Tin ini konstruksinya 2 lantai. Lantai pertama dipakek untuk kantor, ruang konsultasi agama dan tempat wudhuk. Lantai satu sering juga dipakek untuk lokasi acara-acara bazaar gitu. Saat TM berkunjung ke Masjid tersebut baru saja sedang berlangsung acara dalam memperingati ulang tahun Masjid tersebut yang ke-(?) sayang TM gak sempat ngeliat milad yang keberapa. Sedangkan ruang shalatnya ada di lantai 2.

MASJID ANDALUSIA

Hari berikutnya TM berkunjung ke Masjid Andalusia STEI Tazkia. Di Masjid ini TM bareng keluarganya menyempaatkan diri melaksanakan Shalat Dhuha sebelum melakukan perjalan panjang ke Bogor, Jawa Barat.

Masjid yang lokasinya sekomplek sama Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia ini terletak di Jl.Ir.H.Djuanda No.78 Sentul City, Bogor. Menurut TM desain Masjid ini indah banget. Sama seperti desain Masjid-masjid di Timur Tengah. Masjid Andalusia sendiri berada dibawah naungan Yayasan Tazkia yang dipimpin oleh Tokoh Ekonomi Islam asal Indonesia Usatadz Syafi’I Antonio.

Masjid Andalusia STEI
MASJID ANDALUIS STEI

MASJID UI (Red. UKHUAH ISLAMIAH)

Hari ke-4 berada di Jakarta TM langsung ngelanjutin program safari Masjidnya ke Masjid Ukhuwah Islamiah Universitas Indonesia.

Ke Masjid kebanggaan mahasiswa UI ini TM pergi bareng adeknya. Sebelum akhirnya melaksanakan shalat ashar di Masjid tersebut TM sempat keliling-keliling kampus UI. Menurut TM kampus UI gede banget. Kakinya sampek bengkak-bengkak, beruntung dia sempat bawa minyak urut merek nyonya meneer waktu berangkat dari Banda Aceh. hahaha

masjid ukhuah islamiah UI
SALAH SATU SISI MASJID UKHUAH ISLAMIAH

Pertama kali TM ngeliat Masjid ini doi gak nyangka bahwa bangunan beratap limas yang terletak disebidang tanah penuh pepohonan adalah Masjid. Bangunan tersebut sepintas terlihat seperti gedung budaya gitu, kata TM. Masjid Ukhuwah Islamiah ini tidak dilengkapi dengan menara dan kubah, makanya TM rada-rada gak yakin kalau yang dia liat ternyata Masjid UI.

Menurut TM Masjid ini tidak memiliki pintu masuk khusus. Sehingga setiap jamaah dapat masuk dari arah manapun. Masjid ini bersih dan hijau banget. Gak usah khawatir, kita bakalan betah berlama-lama di Masjid ini, pasalnya udara pepohonan bebas keluar masuk. Karena halaman yang hijau mahasiswa sering banget manfaatin area tersebut untuk duduk bareng teman-teman sambil diskusiin tugas kuliah. 

Bersambung...

MASJID AYUDE ALUE DEAH TEUNGEH
INI BUKAN DI JAKARTA TAPI BANDA ACEH

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH