MAHASISWA BARU WAJIB BACA 2 BUKU INI

HM - Sebelum saya sebutin satu persatu kedua buku motivasi yang saya maksud dalam judul diatas, alangkah masuk akalnya jika saya jelaskan terlebih dahulu kenapa saya merekomendasikan kedua buku motivasi tersebut. Sepakat ya? Okeh, mari kita mulai.

Pertama-tama saya ingin pertegas kembali bahwa 90% konten blog ini base on my experience, termasuk postingan yang sedang kamu baca ini. Jadi gak usah heran kalau tiba-tiba kamu nemu beberapa bagian dalam blog ini yang subjektif abis, dan tentunya dalam tulisan yang sedang kamu baca ini.

Jadi ceritanya waktu saya masih semester-semester awal dulu ada 2 buah kebiasaan buruk yang kerap mendera saya. kebiasaan yang harusnya gak boleh ada pada diri seorang “mahasiswa keren”. Kenapa gak boleh ada? Ya karena kebiasaan buruk ini sangat berbahaya terhadap eksistensi para mahasiswa di kampus.

hasanusi muhammad
BUKU YANG WAJIB DIBACA MAHASIWA

Kedua sifat yang akan saya sebutin bentar lagi bisa jadi wujud pada diri seorang mahasiswa karena bawaan dari SMA dulu atau bisa juga karena persepsi liar alam bawah sadar yang dibangun oleh si mahasiswa itu sendiri saat mereka akan nyemplung kedunia kampus.

Dan kedua sifat buruk yang saya maksud adalah sifat “kurang percaya diri” dan sifat “susah memulai pertemanan”. Mari kita ulas satu persatu dulu sifat buruk yang saya sebutin barusan sebelum kita bahas buku-bukunya. Lets go...

PERTAMA | PERCAYA DIRI

Berasal dari sebuah kampung yang jauh dari perkotaan sering kali menjadi penyebab seorang mahasiswa baru –yang kuliah di Kota- menjadi kurang percaya diri. Diantara masalah-masalah yang sering menjadi cikal bakal kurang percaya dirinya para mahasiswa adalah: Merasa diri tidak mampu bersaing, tidak selevel dengan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari kota, berbeda dari segi pakaian dan penampilan dan perbedaan kemampuan finansial. 

Seharusnya sebagai seorang mahasiswa pemikiran-pemikiran seperti saya sebut barusan “haram” ada dalam dalam otak para mahasiswa baru. Pikiran-pikiran seperti itu akan membuat para mahasiswa baru menjadi gak kreatif.

KEDUA | SUSAH MEMULAI PERTEMANAN

Poin kedua ini adalah efek domino dari poin pertama tadi. Ketidak percayaan diri yang berlebihan sering kali berefek kepada ketidak beranian seseorang untuk menjalin komunikasi atau persahabatan dengan orang lain. Puncanya ya karena dihantui perasaan “tidak sepadan” “beda kasta” “beda kemampuan finansial” “beda IQ” dan aneka perbedaan lainnya.

Nah, kedua masalah prilaku yang sering dimiliki oleh para mahasiswa baru tersebut seyogyanya bukanlah sifat bawaan yang tidak bisa dirubah, melainkan sifat yang terbentuk seiring perjalanan hidup. Karena sifat tersebut “terbentuk” dan bukan permanen maka sudah barang pasti kedua sifat itu bisa dirubah.

Karena sifat-sifat buruk tadi masih bisa dirubah maka saya saranin para mahasiswa yang memiliki sifat seperti tersebut diatas untuk membaca buku-buku motivasi berikut ini...

1. BERPIKIR DAN BERJIWA BESAR

Saya mengetahui keberadaan buku ini lewat seorang dosen yang saat itu tengah mengajarkan mata kuliah Filsafat. Disela-disela beliau menyampaikan materi kuliah entah bagaimana awalnya sampai akhirnya beliau merekomendasikan kepada kami untuk membaca buku Berfikir dan Berjiwa Besar tersebut.

Menurut pengakuan dosen filsafat ini, buku Berfikir dan Berjiwa Besar adalah buku yang telah mengubah cara pandang beliau terhadap hal-hal baru. Jika biasanya beliau selalu berasumsi yang buruk-buruk tetang sesuatu yang baru namun pasca membaca buku ini beliau jadi mengerti ternyata 50% harapan manusia harus dikubur hidup-hidup karena asumsi yang mereka bangun sendiri. 

BUKU WAJIB UNTUK MAHASISWA
BUKU PERTAMA

Misalnya nih, kamu pengen banget kuliah di Jurusan Per-bank-kan tapi karena menurut persepsi kamu sendiri kamu itu kurang cantik atau ganteng akhirnya kamu putuskan kuliah di jurusan lain, karena untuk bekerja di Bank diperlukan paras yang memadai.

Singkat cerita, beberapa bulan setelah mendengar kedahsyatan buku itu dari dosen Filsafat tadi, seorang teman langsung membeli buku bercover pink itu. selesai doi baca, saya langsung nangis-nangis minta pinjam. And the end… rengekan saya tempo hari berbuah manis, buku setebal ratusan halaman itu super keren banget luar biasa tiada tara di alam semesta raya Indonesia Meredeka satu nusa satu bangsa satu bahasa kita.

Dibuku itu kamu akan diajarin gimana caranya membangun kepercayaan diri, mengasahnya, kemudian mengembangkannya. Karena kepercayaan diri itu adalah sesuatu yang akan terus tumbuh dan berkembang maka sudah seharusnya kita wajib terus melatih dan mengoptimalkan keberadaan “percaya diri”.

2. BAGAIMANA MEMULAI PERCAKAPAN DAN MENJALIN PERSAHABATAN

Buku motivasi kedua yang wajib dibaca oleh mahasiswa baru adalah buku karya Don Gabor yang judulnya Memulai percakapan dan Menjalin Persahabatan. Buku ini cocok banget buat mahasiswa yang memiliki masalah dengan keberanian untuk ngajak orang lain ngobrol.

Kita kan sering tuh kalau ketemu seseorang yang belum pernah kita kenal sebelumnya bawaannya gak barani ngajak orang tersebut ngomong. Gak tau kenapa, pokoknya gak berani aja.

Saya berani jamin, berani manget malah. Setelah membaca buku ini kamu akan menjadi pribadi yang sangat siap untuk ngajakin orang lain ngomong, meskipun orang tersebut gak pernah kamu kenal sebelumnya.

BUKU WAJIB DIBACA MAHASISWA
BUKU KEDUA

Dan dibuku ini kamu juga akan diajarin gimana caranya menjalin persahabatan. Kamu akan diajarin jurus-jurus hebat yang bisa dan sangat mudah kamu praktekkan dimanapun dan kapan pun. Coba aja deh. Sampai sekarang, buku ini adalah salah satu buku favorite saya dirumah.

Okeh… itu dia 2 buku motivasi wajib yang harus dibaca oleh mahasiswa/I baru. Apakah kamu ingin merekomendasikan buku lainnya? Silakan tinggalkan komentar.

Note: Tulisan ini sudah pernah tayang diblog lama saya dengan judul 2 BUKU MOTIVASI YANG WAJIB DIBACA MAHASISWA BARU namun telah mengalami sedikit banyak penyesuaian ^_^

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH