MAHASISWA BARU WAJIB DEKATI 5 ORANG INI

HM - Kemaren malam siap shalat marghrib tiba-tiba aja pengen nulis. Gak tunggu lama (kalau kelamaan takut hilang semangatnya) saya langsung tuang tuh ide dan kemudian saya kasih judul 5 orang yang harus kamu dekatin selama kuliah

Semoga tulisan ini bermanfaat buat para pembaca terutama untuk teman-teman mahasiswa baru. Tentunya tulisan ini masih ada hubungannya sama tulisan saya sebelumnya tentang cara mendapatkan ipk tinggi diatas 3 di kampus, jangan lupa dibaca juga ya.

KENAPA SIH KE 5 ORANG INI HARUS DIDEKATIN?

Pertanyaan bagus! Jadi gini, kelima orang yang akan saya kasih tau bentar lagi adalah orang-orang yang perannya sangat kamu butuhkan selama di dunia kampus. Jika kamu berhasil mendekati mereka tandanya kamu berpotensi besar mendapatkan IPK bagus, mudah saat mengajukan judul skripsi, banyak teman sharing dan yang pasti kuliah kamu akan lebih menyenangkan.

HASANUSI MUHAMMAD
MAHASIWA BARU WAJIB DEKATI 5 ORANG INI

Lantas siapa sajakah kelima orang yang harus kamu dekatin selama berkuliah?

1. PA (PENASEHAT AKADEMIK)

PA atau Penasehat Akademik ini adalah seorang dosen yang diberi tugas oleh kampus untuk mengarahkan dan memberi petunjuk kepada sejumlah mahasiswa agar si mahasiswa dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.

Nah, kebayangkan betapa berpengaruhnya si PA terhadap proses perkuliahaan kita. Si PA ini juga punya wewenang dalam memutuskan apakah kita boleh mengambil matakuliah tertentu atau tidak. PA juga punya hak untuk menyetujui atau me-mending proposal skripsi kita. Sederhananya PA ini punya pengaruh besar terhadap proses perkuliahaan kamu.

Dalam beberapa kesempatan yang pernah saya alami si PA ini juga dapat menjelma sebagai seseorang yang sifat dan cara beliau memperlakukan kita sudah lebih dari sekedar PA, misalnya pernah ada kawan yang malah diajakin ngopi sama PA-nya. Trus kalau ada urusan kampus ketemuannya gak mesti di kampus. Look, kalau udah seperti ini bererti si Mahasiswa udah berhasil mendekati si PA. Pertahankan.

Ada juga kasus kebalikan dari kejadian diatas dimana si mahasiswa malah ketakutan ketemu sama PA-nya. Liat bayang si PA aja mahasiswanya udah kabur. Kondisi seperti sebenarnya tidak sehat dan akan berpengaruh kurang baik terhadap kuliah. Saran saya segera lakukan pendekatan dengan PA supaya kalian bisa merasakan 1001 (seribu satu) manfaat dari kedekatan tersebut.

2. DOSEN

Guys, ibarat sepeda motor dosen ini posisinya sebagai mesin. Sebuah sepeda motor tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada mesin. Kamu juga seperti itu, kamu adalah butiran debu tanpa dosen. Dari dosen kita bisa menyedot jutaan ilmu baru dan tentu dari dosen pula nilai-nilai kita mengalir.

Karena dosen punya andil besar dalam penyampaian materi dan pemberian nilai kepada mahasiswa maka sudah sepantasnyalah kamu selaku mahasiswa melakukan pendekatan dengan para dosen. Tujuan jangka panjangnya ya untuk ilmu dan nilai kamu.

Ingat, pendekatan itu beda sama penjilat ya. Kamu tidak perlu terlihat murahan untuk mendapat perhatian sang dosen. Stay cool, dan lakukan apa yang seharusnya dilakukan mahasiswa pada umumnya. Sedikit tonjolkan diri dikelas dengan cara lebih aktif dan kritis dalam mengikuti perkuliahan, dengan demikian cepat atau lambat sang dosen akan mengenal kamu. Yakinlah.

3. KAKAK LETING / SENIOR

Saya teringat waktu masih semester satu salah seorang dosen memberikan tugas membuat makalah. Jujur, saya belum pernah membuat makalah sebelumnya, mendengar istilah makalah saja masih jarang maklum waktu masih SMA kami tidak pernah diminta untuk membuat makalah oleh guru.

Beruntung, saat minggu-minggu pertama kuliah saya memiliki hubungan yang “harmonis” dengan beberapa abang leting, kemudian berkat kedekatan tersebut saya mendapat bimbingan ekslusif dari salah seorang senior tentang cara membuat makalah yang baik dan benar, bahkan lebih extream lagi saya diberikan print out makalah salah seorang senior yang kebetulan judulnya sama persis seperti makalah yang harus saya buat.

Inilah mengapa kita selaku mahasiswa perlu melakukan pendekatan dengan para senior. Tujuannya jelas, untuk membantu kita yang masih junior jika suatu saat dihadapkan pada masalah yang tidak kita pahami.

4. KOMTING

Komting ini singkatan untuk Komisaris Leting. Secara sederhana komting mengemban tugas sebagai penghubung antara dosen dengan mahasiswa demikian juga sebaliknya antara mahasiswa dan dosen. Contoh, hari ini Pak Dosen mata kuliah Ilmu Fiqh tidak bisa masuk karena ada acara pesta anaknya, maka si dosen tidak perlu meng-sms semua mahasiswa dia cukup WA komtingnya saja, nanti tugas komting yang kasih tau mahasiswa-mahasiswa lain.

hasanusi muhammad
PRIA INI PERNAH JADI KOMTING ^_^

See? vital kan fungsi komting? Dalam beberapa kasus dosen bahkan sering memberitahukan informasi seputar UTS kepada komting untuk diteruskan kepada mahasiswa. Kalau kamu ada clash sama komting alamat kamu gak bakal kebagian informasi dari si komting.

Dikelas komting adalah orang yang omongannya paling didengar sama dosen. Misal nih, dosen lagi ngabsen tiba-tiba ada satu orang mahasiswa udah dipanggil gak nyahut-nyahut maka disaat seperti itu jika si mahasiswa yang gak nyahut-nyahut tadi sudah komfirmasi kepada komting bahwa dia sedang tidak enak badan maka komting akan menyampaikan kepada dosen “si Aci sakit pak” kata komting, dan dosen pun membubukan huruf S di absennya. Tapi kalau yang komfirmasi bukan komting biasanya si dosen akan tanya-tanya lagi “sakit apa?” “ada surat dari Dokter gak?”

So, berbuat baiklah kepada komting. Sesekali ajak dia ngopi terus kamu bayarin, tujuannya untuk nunjukin bahwa betapa pentingya dia untuk kamu. Hahahaha…

5. ABANG KANTIN

Sebagai seorang pria dari keluarga sederhana, pernah beberapa kali saya harus menunda membayar segelas teh hangat dan 2 potong kue kepada pengelola kanting, dan beruntungnya yang punya kantin ngizinin tentu saya gak perlu cuci piring dikantin tersebut.

Kenapa pengelola kantin ngizinin saya ngutang? padahal jelas-jelas di rak kasir terpampang kertas A4 dengan posisi landscape bertuliskan langsung bayar. Ini semua berkat pertolongan Allah yang menempatkan rasa belas kasihan dalam dada pengelola kanting. Apa hanya karena belas kasihan Allah saja? Bisa jadi, tapi untuk konteks cerita saya tadi saya juga melengkapi rasa belas kasihan yang Allah tempatkan dalam hati pengelola kanting dengan sedikit ikhtiyar.

AMAR ZHAFIR
INI MAH ADEK KANTIN

Ikhtiyar saya adalah mendekati si pengelola kantin. Saya hafal betul semua nama abang-abang yang kerja dikantin tersebut. Saya jarang sekali membiarkan mereka mengantar minuman pesanan saya ke meja saya, tapi saya langsung mengambilnya sendiri. Akhirnya keakraban diantara kami terjalin bahkan sampai sekarang. 

Jika kamu merasa masih ada orang lain yang wajib didekati selama kuliah, silakan tinggalin komen dibawah ya!

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH