PENYEBAB MENGANTUK SAAT SHOLAT JUM'AT

HM - Saya adalah salah satu jamaah Shalat Jum’at yang langganan mengantuk saat Jum’atan. Kebiasaan ini sudah “menimpa” saya sejak beberapa bulan terakhir. 

Tentu ngantuk berat saat Jum’atan bukanlah suatu kebiasaan bagus dan haram untuk dipertahankan. Karena kita akan melewatkan banyak informasi penting dan bermanfaat bahkan wajib saat Khatib menyampaikan nasehat dan membaca khutbah.

KENAPA BISA NGANTUK?

Merasa kebiasaan kurang baik ini harus ditinggalkan secepatnhya, saya mencoba menemukan solusi. Tapi sebelum saya menemukan solusinya saya harus dapatkan penyebabnya dulu. Ya gak sih?

Dari hasil tanya sana tanya sini, saya mendapatkan beberapa jawaban memuaskan untuk pertanyaan “MENGAPA KITA SERING NGANTUK SAAT JUM’ATAN?”

mengantuk saat sholat jum'at
MENGANTUK SAAT SHALAT JUM'AT

PERTAMA: KARENA CAPEK

Capek adalah faktor utama kenapa kita sering kali mengantuk saat Jum’atan. Coba bayangkan, belakangan ini Shalat Dzuhur/Jum’at kita laksanakan sekitar pukul 12.20 WIB (ini waktu di Banda Aceh, ya!) sedangkan kita biasanya menghentikan aktivitas pada pukul 12.00 WIB, selalunya selesai beraktivitas kita langsung mandi kemudian siap-siap dan pergi ke Masjid tanpa sempat beristirahat. Hasilnya? Shalat Jum'at yang seharusnya jadi sarana untuk nambah ilmu melalui materi yang disampaikan khatib malah jadi wadah kita buat melampiaskan rasa kantuk. Aneh gaj tu? 

Solusinya sederhana, pastikan kamu beristirahat minimal 15 menit (jangan lupa set alarmnya) sebelum melaksanakan Shalat Jum’at guna ngilangin rasa kantuk.

KEDUA: MAKAN SEBELUM JUM'ATAN

Kalau kamu adalah tipe orang yang gampang mengantuk usai makan siang, maka ada baiknya kamu tunda dulu makan siangnya seenggaknya sampai selesai Jum’atan, karena jika kamu teatap maksa makan sebelum jum'atan maka akibatnya tau sendiri kan? Ada kemungkinan kamu ngorok di depan khatib.

KETIGA: KHATIB KURANG BERSEMANGAT

Kalau yang ini juga ada pengaruhnya. Materi khutbah dan cara Khatib menyampaikan juga ikut mempengaruhi mengantuk tidaknya kamu saat sedang mendengarkan khutbah. Untuk poin ini kamu gak bisa bikin apa-apa sih, tapi kamu akan sangat terbantu jika poin nomor 1 dan 2 udah kamu lakukan. Kalaupun khatibnya sedikit kurang bersemangat InsyaAllah kamu aman, kok!

Oke segini dulu KONSULTACI kali ini jika kamu punya saran atau masukan boleh tinggalin komen dibawah ya.

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH