SIAPA PAKAR FIQIH MAWARIS DI BANDA ACEH?

HM - Setiap disiplin ilmu tentu ada pakarnya masing-masing. Dan tentunya pakar-pakar tersebut berbeda berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Seperti yang mau saya bahas dalam postingan kali ini, yaitu pakar fiqih mawaris di Banda Aceh.

Siapa sebenarnya pakar fiqih mawaris di Banda Aceh? Saya gak tau! Karena saya belum pernah mendengar ada yang mendeklarasikan bahwa Si A atau Si B lah pakar fiqh mawaris di Banda Aceh. TAPI, jika yang menjadi ukuran seseorang dapat disebut sebagai pakar adalah jam terbangnya sebagai pemateri dalam bidang fiqh mawaris bahkan kesana kemari untuk ngisi kajian fiqh mawaris di Masjid-masjid, maka saya punya kandidatnya. ^_^

Namanya Ustadz Gamal Achyar. Jika menggunakan kualifikasi seperti tersebut diatas, maka beliau adalah salah satu kandidatnya. Tahun 2009, saat semester-semester awal kuliah, salah satu mata kuliah saya saat itu adalah Fiqh Mawaris, dan Ustadz Gamal Achyar adalah dosennya.

Gamal Achyar
USTADZ GAMAL ACHYAR DI MASJID GEUCHIEK LEUMIE

Itu adalah pertama kali saya mengenal sosok yang murah senyum tersebut. Saat itu, popularitas beliau sebagai pro player dalam bidang Fiqih Mawaris tidak semoncer saat ini. Dulu jarang, bahkan saya secara pribadi tidak pernah menemukan flyer-flyer yang memperlihatkan wajah beliau dalam kapasitasnya sebagai pemateri Fiqih Mawaris.

Beda dengan sekarang. Di tahun 2022 ini (atau mungkin sudah sejak beberapa tahun sebelumnya) jika ada yang berhubungan dengan Fiqih Mawaris pasti ada beliau didalamnya. Salah satu Masjid ikonik di Banda Aceh yaitu Masjid Harun Keuchik Leumik bahkan punya pengajian Fiqh Mawaris rutin bersama beliau setiap hari Selasa (malam rabu) ba'da maghrib.

Tidak cukup disitu. Dalil lain yang mendukung kepakaran beliau dalam bidang fiqh mawaris adalah saat Masjid Raya Baiturrahman Aceh mempercayakan beliau untuk mengisi pengajian khusus tentang Fiqh Mawaris setiap Hari Senin (malam selasa) Ba'da Maghrib. Tentu, hanya orang-orang yang sudah teruji keilmuannyalah yang punya jadwal kajian di Masjid kebanggaan masyarakat Aceh tersebut.

Saya yakin diluar sana masih banyak Ustadz-ustadz lain -selain Ustadz Gamal Achyar- yang pakar dalam bidang Fiqih Mawaris, hanya saja mungkin mereka tidak mendapat ekpose yang memadai saja. Jika teman-teman punya informasi lain terkait pakar dibidang Fiqh Mawaris boleh tinggalin komen dibawah.

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH