TARIF KHATIB, IMAM DAN MUAZZIN JUMAT DI BANDA ACEH

HM - Dalam postingan kali ini saya mau bagi-bagi informasi buat teman-teman semua terkait dengan tarif khatib, imam dan muazzin jumat di Masjid-masjid di Banda Aceh. Mungkin ada diantara teman-teman yang sedang membutuhkan informasi ini. Kuys simak infonya…

Untuk menguatkan informasi yang akan saya sampaikan, saya mau kasih tahu dulu nih, kalau informasi ini berdasarkan pengalaman saya yang udah belasan tahun jadi pengurus Masjid.

Dari yang awalnya cuman nyapu, ngepel, bersihin WC, terus jadi muazzin, pernah juga sesekali jadi imam hingga dipercaya jadi penanggung jawab yang susun jadwal khatib dan Imam Jum’at plus penceramah sama imam Ramadhan.

Kebayang dong, udah se-berpengalaman apa saya? hi hi hi

BERAPA TARIFNYA?

Jadi, tarif khatib di Banda Aceh itu udah mengalami beberapa kali perubahan. Dulu ingat banget waktu awal-awal saya masuk dalam kepengurusan Masjid (pertengahan tahun 2008) tarif untuk khatib Jum’at hanya Rp. 85.000,- itu di Masjid tempat saya tinggal, gak tau di Masjid lain.

Sementara untuk imam insetifnya Rp. 75.000,- dan muazzin Jum’at Rp. 50.000,-

pengajian masjid raya baiturrahman
KEGIATAN KEAGAAMAAN DI MASJID RAYA BAITURRAHMAN

Angka tersebut bertahan lumayan lama. Angka tersebut berubah drastis pada tahun 2012-an. Perubahan tersebut tidak lepas dari hasil survey yang saya dan tim lakukan terkait tarif khatib, imam dan muazzin di Masjid-masjid disekitar Masjid kami.

Dari hasil survey tersebut diputuskan tarif Khatib menjadi Rp.200.000,- Imam Rp.150.000,- dan muazzin Rp. 75.000,-

Kemudian pada tahun 2015 tarif tersebut berubah lagi menjadi khatib Rp. 250.000. sayangnya perubuhan tersebut tidak diikuti dengan perubahan tarif imam dan muazzin.

Terakhir kali pada tahun 2019 angka yang sudah bertahan  tahun akhrinya berubah. Perubahan yang terjadi pada tahun 2019 tersebut bertahan hingga kini, yaitu khatib Rp. 300.000,- Imam Rp. 200.000,- dan Muazzin Rp. 100.000

APAKAH SEMUA MASJID TARIFNYA SAMA?

Tentu tidak! Kemampuan Masjid memberi insentif khatib, imam dan Muazzin dengan nominal tertentu tidak terlepas dari kemampuan finansial Masjid tersebut. Masjid-masjid dengan kemampuan finansial tinggi selalunya akan memberi insentif lebih besar kepada Khatib, imam dan Muazzin. Sementara Masjid dengan kemampuan keuangan yang terbatas akan menyesuiakan.

MASJID DENGAN BAYARAN TERTINGGI?

Kebanyakan Masjid di Banda Aceh menyediakan Insentif untuk khatib sebesar Rp. 300.000,- namun ada pula yang memberikan insentif diatas angka tersebut. Namun insentif khatib jumat paling besar yang pernah saya dengar adalah Rp. 500.000,- itu diberikan oleh salah satu Masjid terkenal di Banda Aceh.

Namun pernah juga saya mendengarkan masih ada Masjid yang ‘hanya mampu’ membayar khatib dengan angka Rp. 200.000,-

KEMAMPUAN MASJID

Dari mana Masjid mendapat uang untuk membayar kharib, imam dan muazzin shalat Jum’at? Darimana lagi kalau bukan dari tabungan amal Jum’atan dan harian. Bukan hanya untuk operasional kegiatan jumat, namun, nyaris semua biaya lain yang diperlukan Masjid juga dibayarkan menggunakan uang dari tabungan amal tersebut.

Meski demikian, ada pula beberapa Masjid di Banda Aceh yang memiliki pemasukan lain selain dari uang tabungan amal tadi. Misalnya seperti Masjid Oman Al Makmur yang memiliki usaha hotel. Ada juga Masjid Darul Makmur Gp. Lambaro Skep yang memiliki usaha air isi ulang.

BERAPA RATA-RATA TABUNGAN MASJID DI BANDA ACEH?

Terkait hal ini, nanti akan saya bikinin konten khusus, ya! Saya survey dulu deh biar mantap datanya. Oke, segini dulu postingan kali ini. Silakan komen dibawah.

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH