Apakah Datang Ke Aceh Wajib Memakai Jilbab?

Kemarin ada teman yang tanya, "kalau mau ke Aceh apakah wajib memakai Jilbab?" Wah, ini konteksnya apa ni? Kalau bicara aturan hukum positif, urusan pakaian yang sesuai syariat Islam ini diatur dalam Qanun Provinsi Aceh Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Aqidah Ibadah dan Syiar Islam.

Dalam pasal 13 ayat 1 disebutkan...

Setiap orang Islam wajib berbusana Islami

Nah, secara tertulis kita bisa simpulkan nih, bahwa kewajiban memakai busana Islami ketika berada di Aceh adalah untuk pemeluk agama Islam saja. Sedangkan bagi non muslim, pakaian dianjurkan untuk tetap sopan.

aturan jilbab di aceh
ATURAN PAKAIAN ISLAMI DI ACEH

Lantas, seperti apa sih yang dimaksud dengan BUSANA ISLAMI dalam ayat 1 pasal 13 diatas? Terkait hal tersebut, pada bagian penjelasan pasal 13 disebutkan bahwa...

Busana islami adalah pakaian yang menutup aurat yang tidak tembus pandang dan tidak memperlihatkan bentuk tubuh.

Itu dia spesifikasi pakaian Islami menurut Qanun Nomor 11 tahun 2002. Jadi lebih kurang sama ya seperti gaya berpakaiannya wanita muslim di Indonesia pada umumnya.

Kalau mau baca lebih lanjut isi dari Qanun No. 11 Tahun 2002 silakan klik link berikut ini

Kalau Gak Berpakaian Islami Dicambuk?

Ya gak lah! Yang udah udah, kalau ada cewek muslim kedapatan tidak berbusana sesuai aturan qanun, maka si cewek akan diingatin, dikasih pembinaan dan pemahaman. Setelah diingatkan dan diberi pembinaan biasanya cewek-cewek yang gak berbusana sesuai aturan tadi, InsyaAllah akan berubah.

Iya kali, udah diingatin tapi masih bandel, anak TK loe?

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH