Berapa Biaya Hidup Di Banda Aceh Sebulan?

Biaya Hidup Bulanan di Banda Aceh - Kemarin ada teman yang tanya, ditahun 2022 dan beberapa tahun berikutnya, kira-kira berapa biaya hidup sehari-hari di Banda Aceh?

Bicara soal biaya hidup, itu sangat tergantung sama lifestyle. Kalau sehari-hari kebutuhan kita hanya untuk makan dan ngopi di warung kopi biasa-biasa saja, maka saya pastikan biayanya tidak akan mahal.

Di Banda Aceh, teman-teman akan sangat mudah menemukan lapak-lapak pedagang kue pinggir jalan yang menjajakan nasi gurih atau nasi kuning dengan harga antara 5000 s/d 6000.

Kalau gak mau makan nasi, boleh beli kue basah, harganya juga masih terjangkau mulai dari yang harga 1000, 2000 dan 3000.

Kalau untuk makan siang, banyak banget warung nasi yang masih menyediakan paket nasi putih plus lauk pauk (ikan, tahu tempe bahkan ayam) dengan harga hanya 10.000.

Untuk makan malam juga sama. Jika pengen nasi goreng, ada juga yang harganya sepuluh rebu. Kalau nasi goreng yang harga 10.000-an biasanya cuman dapat dadara atau mata sapi. Tapi kalau lebih murah lagi (cuman 6.000) teman-teman bisa minta nasi goreng kosong, nasi goreng doang tanpa lauk pauk. Tapi masih dikasih kerupuk, timun, tomat, ikan asin dikit sama sambel-sambelan. Keren kan?

Biaya hidup bulanan di Banda Aceh
AYO KE BANDA ACEH - FOTO BY KOMPAS.COM

Kalu mau ngopi, teman-teman boleh ke warkop-warkop biasa aja, jangan ke café-café, karena biayanya bakal beda. Kalau teman-teman minum kopi di warung kopi kebanyakan di Aceh, teman-teman masih bisa mendapatkan segelah kopi hitam dengan harga 5.000. Dijamin enak kopinya. Tapi kalau ke cafe, harganya udah beda, tuh.

Sekarang coba kita kalkulasikan, jika teman-teman makan sehari 3x dengan rata-rata pengeluaran 10.000 untuk tiap kali makan, maka teman-teman hanya menghabiskan 900.000 (Sembilan ratus ribu rupiah) dalam 30 hari hanya untuk makan saja. 

Kemudian, kalau teman-teman mau ngopi tiap hari sekali selama 30 hari maka teman-teman membutuhkan 150.000 untuk ngopi saja. Jadi, Makan plus kopi selama sebulan adalah Rp. 1.050.000 (satu juta lima puluh ribu rupiah)

Sewa kamar di Banda Aceh berapa sebulan?

Urusan makan udah, sekarang kita bicara akomodasi aka penginapan aka tempat tinggal. Banda Aceh menawarkan berbagai jasa penginapan, mulai dari kost-kostan harian, bulanan dan tahunan. Karena ini kita lagi ngomongin biaya bulanan, maka kita coba kupas biaya sewa kamar bulanan di Banda Aceh.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di bulan September 2022, saya baru saja bantuin seorang teman yang lagi butuh kamar. Dari pengalaman tersebut saya mendapati beberapa harga kamar khususnya di Kecamatan Kuta Alam. FYI, Kuta Alam ini merupakan kecamatan sibuk di Banda Aceh, mengingat pusat-pusat perkantoran ada di kecamatan ini, disamping itu, jaraknya ke Masjid Raya Baiturrahman dan pusat Kota Banda Aceh hanya 3 menitan.

Pertama, teman saya pernah ditawarin kamar 600 ribuan. Selain gratis air dan listrik, Kamar tersebut sudah dilengkapi dengan Kasur, ranjang, kipas angin dan sebuah lemari plastik 1 meteran, tanpa wifi.

Kedua, ada juga kamar 400-an. Kamar harga segini tidak ada fasilitas pendukung. Murni hanya kamar saja. Listrik dan air bayar sendiri. Listrik pakai token.

Dibawah 400-an saya belum nemu. Tapi saya yakin di Kecamatan lain yang agak ke pinggir dikit kita masih bisa dapat harga kamar yang 300 ribuan.

So, intinya, dengan biaya hanya Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) teman-teman udah bisa makan sama dapat tempat tinggal selama satu bulan. Ternjangkau banget dong?

Segini dulu postingan kali ini, terimakasih sudah membaca,

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH