Masjid-masjid di Banda Aceh Yang Rutin Selenggarakan Qiyamullail Sholat Tahajud Berjamaah

Hasanusimuhammad.com - Berikut adalah beberapa Masjid di Kota Banda Aceh yang rutin melaksanakan kegiatan Qiyamullail (shalat tahajud berjamaah) di 10 malam terakhir Ramadhan. Dan bisa dipastikan, di ramadhan 2023 / 1444 H tahun ini Masjid-masjid berikut ini bakal kembali menyelenggarakan kegiatan Qiyamullail.

Yang teranyar, saya mendapat kabar bahwa Masjid Oman Al Makmur bahkan akan memulai qiyamullail sejak malam ke 11 Ramadhan. Sedangkan Masjid Raya Baiturrahman tahun lalu (2022) memulai Qiyamullail pada malam ke 15 ramadhan. Sedangkan Masjid-masjid lain yang menyelenggarakan Qiyamullail mayoritas memulai pada malam ke-20 ramadhan alias 10 malam terakhir.

Oke, langsung aja berikut beberapa Masjid di Banda Aceh yang rutin menyelenggarakan Qiyamullail...

1. Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat

Masjid yang terletak di Jl. Cendrawasih No.4 Gp. Keuramat Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh ini sudah menyelenggarakan kegiatan shalat tahajud berjamaah di 10 terakhir ramadhan sejak tahun 2013. Pengurus Masjid juga menyediakan makanan sahur bagi para jamaah yang melaksanakan shalat tahajudi disini. Gak cuman nasi sahur, pengurus Masjid juga menyediakan teh, kopi dan susu.

masjid baiturrahmah gampong keuramat
Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat

2. Masjid Oman Al Makmur

Masjid Oman Al Makmur bisa dibilang satu-satunya Masjid penyelenggara Shalat Tahajud berjamaah di Banda Aceh yang jamaahnya selalu membludak. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari banyak sakali faktor dan salah satunya adalah disediakannya makan sahur gratis bagi seluruh jamaah. Disamping itu, Masjid Oman Al Makmur juga kerap menghadirkan imam-imam dari luar negeri untuk mengimami sholat tahajud.
shalat tahajud di masjid oman al makmur
Moment shalat tahajud di Masjid Oman Al Makmur
Untuk Ramadhan tahun 2023 / 1444 H ini tidak tanggung-tanggung Masjid yang pernah menjadi Masjid Agung Banda Aceh ini menghadirkan 3 imam dari luar negeri yaitu dari Arab Saudi, Palestina dan Mesir. Tentu hal tersebut bakal bikin Masjid Oman banjir jamaah lagi tahun ini.

3. Masjid Al Furqan Gampong Beurawe

Jika teman-teman bertanya Masjid mana di Banda Aceh yang mempelopori pelaksanaan shalat tahajud di 10 terakhir ramadhan, maka jawabannya adalah Masjid Al Furqan Gp. Beurawe. Jamaah yang shalat tahajud di Masjid ini bukan hanya warga Gp. Beurawe saja, namun para jamaah datang dari berbagai Gampong di Banda Aceh.

Jika masjid-masjid lain rata-rata memulai pelaksanaan shalat tahajud pada pukul 03.00 dini hari, maka masjid Al Furqan sudah memulai shalat pada pukul 02.30 WIB. Hal tersebut karena setiap malam imamnya membaca 3 juz. Artinya dalam 10 hari khatam 30 juz.

Bicara soal makanan sahur, Masjid Al Furqan akan membagikan kupon kepada para jamaah shalat tahajud untuk nantinya ditukar dengan nasi setelah shalat selesai dilaksanakan. Saya pernah beberapa kali shalat di Masjid ini, selalunya saya mendapat nasi sahur dengan menu bebek plus buah pisang. Mantabs...

shalat tahajud di masjid al furqan beurawe
Suasana pagi di Masjid Al Furqan Beurawe

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH