Ketika Teman mu Ngomong dan Sering Pakai Kata-kata Ini? Fix, Dia Orang Aceh Timur ^_^

Unik - Ini tentang observasi! Saya sering sekali menemukan teman-teman yang kerab menggunakan kata-kata berikut ini ketika mereka berkomunikasi. Bahkan penggunaannya tidak mengenal kondisi atau topik yang sedang dibicarakan.

Dan hampir bisa dipastikan jika kamu ketemu dengan orang-orang yang berbicara dengan pilihan kata berikut ini, maka mereka adalah orang Aceh Timur ^_^

Pertama | Ka Kira Ju

Pemuda-pemudi asal Aceh Timur seneng banget menggunakan kata 'KA KIRA JU'. Kata ini biasanya digunakan untuk 'mengajak' lawan bicara berimajinasi tentang topik yang sedang dibicarakan.

Contoh: long, cukop hek baro! Ka kira ju, ku sampoh broh dari jalan Idi Cut keudeh u jalan Idi Rayeuk

Kedua | Lage Haba Nyan / Lage Haba Meuno

Saya juga masih bingung bagaimana kondisi yang tepat untuk menggunakan kata ini ketika berbicara. Saya pernah ketemu anak muda (pastinya dari Aceh Timur) tiba-tiba langsung menggunakan 'lage haba nyan' ketika saya tanya "kenapa gak pulang kampung?"

Kemudian, ada juga abang-abang yang setelah berbicara panjang lebar baru menggunakan kata 'lage haba nyan' ketika saya tanya "kenapa gak kerja di bank lagi?"

Ketiga | Cek

Kebanyakan orang Aceh Timur yang saya jumpai di Banda Aceh, selalunya akan memanggil seseorang dengan panggilan 'CEK'. Panggilan itu disematkan kepada someone yang belum ia kenal dan ia tidak bisa memastikan apakah orang tersebut lebih muda atau lebih tua dari dia.

Itu dia 3 kata yang biasa digunakan orang-orang Aceh Timur ketika berbicara. Apakah penggunaan kata-kata tersebut secara mutlak menjamin bahwa penuturnya adalah orang Aceh Timur? Saya gak berani mengiyakan, tapi kebanyakan orang Aceh Timur yang saya kenal menggunakan kata-kata tersebut.

Kalau kamu mengetahui ada kata lain yang biasa digunakan orang-orang Aceh Timur, komen dibawah ya...

anak muda kreatif
Bukan Anak Muda Aceh Timur

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH