TPQ Alkahfi Lamgugop Kembali Laksanakan Tasmi' Al-Quran

fani afnan jannati

Lamgugop
- Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Alkahfi Lamgugop kembali menyelenggarakan kegiatan Tasmi' Al Quran. Berlangsung di Ruang Serbaguna TPQ tersebut tasmi' Rabu (21/8) sore kemarin menghadirkan salah seorang santri kelas Tahfidz Ananda Fani Afnan Jannati.

Dalam waktu 50 menit, Fani berhasil menyelesaikan hafalan juz 29 dengan baik dan lancar. Ustadzah Hunul Khotimah dan Ustadzah Tazkia selaku penguji memberikan nilai Jayyid Jiddan atas penampilan Fani tersebut.

Usai tasmi' Ustadzah Husnul Khotimah menjelaskan bahwa nilai Jayyid Jiddan merupakan katagori nilai sangat baik dalam tasmi' alquran.

"ananda Fani mampu menghafal dengan baik meski ada beberapa kesalahan minor dan tadi perlu dua kali dituntun, atas penampilan itu ia berhak mendapat nilai Jayyid Jiddan" kata Ustadzah Husnul

Lebih lanjut Ustadzah Husnul Khotimah, S.Pd, yang juga direktur TPQ Alkahfi, menyampaikan bahwa kegiatan tasmi' merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh TPQ Alkahfi.

“Setiap bulannya, kami akan mengadakan tasmi' sebanyak dua kali, yaitu pada pekan kedua dan keempat,” ungkapnya.

Kegiatan tasmi' kata Ustadzah Husnul, bertujuan untuk memotivasi para santri dalam menjaga dan menghapal Al-Quran, serta sebagai ajang bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan dan kemajuan dalam belajar.

"dalam semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 ini kita menargetkan bisa melakukan tasmi' sebanyak 4 hingga 6 kali tergantung kesiapan santri" tambah Husnul.

Diakhir pernyataannya alumni Program Studi Bahasa Arab UIN Ar-Raniry itu berharap kegiatan tasmi' ini dapat menjadi inspirasi bagi para santri lainnya untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menghapal dan semangat dalam mengulang hafalan Al-Quran.

LOKASI SAFARI SUBUH BANDA ACEH